PAHAMI! Pentingnya Tekanan Ban Tepat pada Motor Listrik, Menjamin Keselamatan Berkendara

PAHAMI! Pentingnya Tekanan Ban Tepat pada Motor Listrik, Menjamin Keselamatan Berkendara

PAHAMI! Pentingnya Tekanan Ban Tepat pada Motor Listrik, Menjamin Keselamatan Berkendara-pixabay-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pentingnya tekanan ban tepat pada motor listrik adalah kunci utama, untuk menikmati pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan. tekanan ban yang tepat menjamin keselamatan, performa optimal, dan kenyamanan berkendara.

Memilih motor listrik sebagai kendaraan ramah lingkungan memang keputusan tepat. Tapi tahukah Anda bahwa tekanan ban yang tepat pada motor listrik, sama pentingnya dengan bahan bakar pada motor bensin?

Pentingnya tekanan ban tepat pada motor listrik tak hanya untuk keselamatan, tetapi juga untuk kenyamanan dan efisiensi energi. Ban dengan tekanan yang sesuai akan membuat motor listrik Anda, melaju dengan stabil, mudah dikendalikan, dan irit energi.



Memahami Pentingnya Tekanan Ban Tepat pada Motor Listrik

Tekanan ban yang tepat memiliki banyak manfaat bagi performa, dan keamanan motor listrik Anda diantaranya yaitu:

BACA JUGA:PENTING! Penyebab Tarikan pada Motor Listrik Kurang Responsif

BACA JUGA:Simak! Berikut Merupakan Cara Mendapatkan Motor Listrik Bersubsidi

a. Stabilitas dan Kontrol yang Lebih Baik

Tekanan ban sesuai spesifikasi pabrikan memastikan permukaan ban bersentuhan optimal dengan jalan, sehingga motor listrik menjadi lebih mudah dikendalikan dan mengurangi risiko kecelakaan. Hal ini terjadi karena tekanan ban sangat berdampak pada peningkatan kontrol, dan stabilitas motor listrik saat bermanuver, menikung, dan melakukan pengereman.
    
b. Meningkatkan Daya Tahan Ban

Pentingnya tekanan ban tepat pada motor listrik dapat memperpanjang usia pakai ban, dan meminimalkan keausan yang tidak merata. Sehingga Anda dapat menghemat pengeluaran untuk penggantian ban secara berkala.
    
c. Efisiensi Energi yang Meningkat

Tekanan ban yang tepat berpengaruh terhadap efisiensi energi motor listrik. Ban yang kurang angin akan mengalami hambatan gelinding yang lebih besar, sehingga motor listrik membutuhkan lebih banyak energi untuk melaju.

Sebaliknya ban dengan tekanan yang sesuai akan mengurangi hambatan gelinding, sehingga motor listrik dapat melaju lebih jauh dengan sekali pengisian daya.

BACA JUGA:Inilah Asal Usul dari Motor Listrik yang Melintasi Zaman

BACA JUGA:Keuntungan dan Kerugian Pengunaan Rantai Pada Motor Listrik
    
d. Kenyamanan Berkendara

Tekanan ban yang optimal memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman. Ban yang kurang angin akan terasa keras, dan membal saat melewati jalan yang tidak rata.

Sebaliknya ban yang kelebihan angin akan terasa “ngotot”, dan tidak nyaman digunakan dalam perjalanan jauh.

Bahaya Mengesampingkan Tekanan Ban Sesuai Spesifikasi

Mengabaikan tekanan ban sesuai anjuran pabrikan dapat berakibat fatal, bagi pengendara dan orang lain di jalan raya. Berikut beberapa bahaya yang perlu Anda waspadai, akibat dari mengabaikan tekanan ban:

a. Peningkatan Risiko Kecelakaan

Tekanan ban yang kurang dapat menyebabkan ban slip (kehilangan daya cengkeram), atau bocor secara tiba-tiba sehingga berisiko mengakibatkan kecelakaan. Sementara itu ban yang kelebihan angin berpotensi meledak, terutama saat motor listrik melaju dengan kecepatan tinggi.

BACA JUGA:Penjelasan Mengenai Watt pada Motor Listrik, Memahami Daya yang Didistribusikan

BACA JUGA:Apa Itu Motor Listrik AC? Memahami Teknologi di Balik Kendaraan Listrik
    
b. Kontrol Kendaraan yang Menurun

Tekanan ban yang tidak sesuai spesifikasi, dapat mengurangi kontrol dan stabilitas motor listrik. Hal ini bisa membuat motor “limbung” dan sulit dikendalikan, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.
    
c. Kerusakan Ban

Tekanan ban yang tidak tepat dapat mempercepat keausan ban, dan meningkatkan risiko kerusakan ban. Selain biaya penggantian ban yang membengkak, keadaan ini juga dapat membahayakan keselamatan Anda.
    
d. Efisiensi Energi yang Menurun

Tekanan ban yang tidak sesuai dapat menurunkan efisiensi energi motor listrik. Motor listrik akan membutuhkan lebih banyak daya listrik, untuk mengatasi hambatan gelinding yang besar akibat tekanan ban yang kurang.
    
c. Kenyamanan Berkendara yang Terganggu

Tekanan ban yang tidak tepat dapat memberikan pengalaman berkendara yang tidak nyaman. Perjalanan jauh pun akan terasa melelahkan jika ban terlalu keras atau terlalu empuk.

BACA JUGA:Tak Perlu Datang ke Samsat, Begini Cara Bayar Pajak Motor Listrik Secara Online

BACA JUGA:Review Keunggulan Motor Listrik Ecgo, Harga Murah Tapi Tidak Murahan

Mencari Tekanan Ban yang Tepat untuk Motor Listrik Anda

Tekanan ban yang direkomendasikan pabrikan untuk motor listrik Anda, dapat ditemukan di manual pemilik atau pada stiker yang di dekat roda. Tekanan ban biasanya dinyatakan dalam satuan psi (pound per square inch) atau kPa (kilopascal).

Pastikan Anda menggunakan alat pengukur tekanan ban yang akurat dan berkualitas baik. Sebaiknya periksa tekanan ban secara berkal minimal setiap dua minggu sekali, atau sebelum  melakukan perjalanan jauh atau membawa beban yang berat.

Memahami pentingnya tekanan ban tepat pada motor listrik menjadikan Anda pengendara yang bijaksana dalam memilih perawatan terbaik untuk motor Anda. Selalu ingatlah untuk memeriksa tekanan ban secara berkala dan sesuaikan dengan spesifikasi pabrikan. (AKR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: