SIMAK !! Penyebab dan Solusi dari Masalah pada Motor Listrik

SIMAK !! Penyebab dan Solusi dari Masalah pada Motor Listrik

Beberapa penyebab dari terjadinya permasalahan umum yang sering dihadapi pengguna sepeda motor listrik dan juga solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Motor listrik semakin mudah dikenali di jalanan dan diterima sebagai kebutuhan transportasi. Motor listrik mempunyai keunggulan dalam hal kebersihan, efisiensi energi dan biaya pengoperasian yang rendah.

Peningkatan penjualan sepeda motor listrik di Indonesia tidak terlepas dari pelaksanaan program elektrifikasi Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Angkutan Jalan (KBL).

Ada banyak manfaat memiliki sepeda motor listrik, namun sama seperti kendaraan lainnya, sepeda motor listrik juga mengalami masalah jika penggunanya mengabaikan beberapa hal.

Artikel ini mengulas beberapa penyebab dari terjadinya permasalahan umum yang sering dihadapi pengguna sepeda motor listrik dan juga solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

BACA JUGA:KEREN NIH ! 7 Rekomendasi Motor Listrik Balap yang Sangat Cepat

BACA JUGA:YUK SIMAK! Tata Cara Mendaur Ulang Baterai Motor Listrik yang Tepat

1. Masalah dengan masa pakai baterai yang terbatas

A. Masa pakai baterai yang pendek

Salah satu masalah paling umum pada motor listrik adalah masa pakai baterai yang terbatas. Baterai sepeda motor listrik biasanya memiliki jumlah siklus pengisian yang terbatas, sehingga akan habis jika sering digunakan.

Faktor-faktor seperti kondisi baterai, cuaca, dan gaya mengemudi dapat mempengaruhi masa pakai baterai. Masalah ini terjadi pada sepeda motor listrik dari pabrikan mana pun.

BACA JUGA:Baterai Motor Listrik Didaur Ulang? BISA ATAU TIDAK

BACA JUGA:5 Manfaat Mendaur Ulang Baterai Motor Listrik

Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk mengelola baterai Anda dengan baik. Selalu isi daya baterai hingga penuh dan hindari pengisian daya yang berlebihan.

Waspadai juga faktor lain yang dapat memengaruhi masa pakai baterai, antara lain suhu lingkungan dan beban kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: