WAJIB TAU! Rahasia Body Motor Listrik Selalu Tampil Prima

WAJIB TAU! Rahasia Body Motor Listrik Selalu Tampil Prima

WAJIB TAU! Rahasia Body Motor Listrik Selalu Tampil Prima-polytron-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Rahasia body motor listrik selalu tampil prima perlu diketahui, untuk menjaga keindahan dan ketahanan motor listrik Anda.Memiliki motor listrik tak hanya keren dan ramah lingkungan, tetapi juga perlu dirawat agar tetap awet dan tampil prima.

body motor listrik yang terawat baik akan meningkatkan nilai estetika, dan memperpanjang usia pakainya. Tidak hanya meningkatkan estetika, tetapi juga berdampak pada nilai jual dan ketahanannya terhadap berbagai kondisi cuaca.

Dibawah ini akan mengupas rahasia body motor listrik selalu tampil prima, mulai dari pembersihan rutin hingga perawatan ekstra untuk menjaga kilaunya. Mari kita jaga agar motor listrik Anda tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga tampil prima di setiap perjalanan.



1. Pembersihan Rutin, Pondasi Penting Menjaga Kebersihan Motor Listrik

Rahasia body motor listrik selalu tampil prima yang pertama yaitu, melakukan pembersihan motor listrik dengan cara:

BACA JUGA:KEREN NIH ! 7 Rekomendasi Motor Listrik Balap yang Sangat Cepat

BACA JUGA:YUK SIMAK! Tata Cara Mendaur Ulang Baterai Motor Listrik yang Tepat

a. Cuci Segera, Cegah Noda Membandel

Kebiasaan buruk yang harus dihindari adalah membiarkan motor listrik dalam keadaan kotor. Segera cuci motor Anda setelah terpapar hujan, debu jalanan, atau kotoran lain agar noda tidak mengering dan menempel kuat.

Semakin cepat noda dibersihkan semakin mudah proses pencucian, dan Anda terhindar dari risiko munculnya karat atau noda membandel.
    
b.  Sabun Lembut, Sahabat Body Motor Listrik

Hindari penggunaan sabun cuci piring atau deterjen, karena kandungan bahan kimianya bisa merusak lapisan cat. Pilihlah sabun khusus motor atau sabun cuci mobil yang memiliki pH netral.

Jenis sabun ini lembut pada cat dan tidak mengandung bahan abrasif, yang bisa menimbulkan goresan halus pada motor listrik.

BACA JUGA:Baterai Motor Listrik Didaur Ulang? BISA ATAU TIDAK

BACA JUGA:5 Manfaat Mendaur Ulang Baterai Motor Listrik
    
c. Teknik Mencuci yang Tepat

Langkah pertama adalah membasuh motor dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran berlebih, gunakan spons halus untuk membersihkan seluruh permukaan body motor. Untuk area detail seperti sela-sela body atau pelek, sikat gigi berbulu halus bisa menjadi senjata ampuh.

Setelah proses pembersihan selesai bilas sabun dengan air bersih berulang kali, hingga tidak ada sisa sabun tertinggal. Terakhir keringkan motor listrik Anda menggunakan kain microfiber.

Kain microfiber memiliki daya serap tinggi dan tidak meninggalkan bekas, pada permukaan cat sehingga body motor Anda terhindar dari goresan.
    
d. Hindari Semprotan Bertekanan Tinggi

Memang menyenangkan membersihkan motor dengan Semprotan Bertekanan tinggi, namun cara ini sebaiknya dihindari untuk motor listrik. Semprotan Bertekanan tinggi berpotensi merusak komponen elektronik dan sambungan body motor, yang lebih sensitif dibandingkan motor konvensional.

BACA JUGA:WAJIB TAHU! 4 Dampak Negatif Limbah Elektronik yang Dihasilkan Motor Listrik

BACA JUGA:Tips Memilih Cat Body Motor Listrik, Bikin Motor Jadi Keren dan Estetik

Sehingga untuk lebih amannya gunakan teknik pencucian manual, yang aman dan efektif untuk merawat motor listrik Anda.

2. Perlindungan Ekstra,Menjaga Kilau Maksimal

Membersihkan motor secara rutin memang penting namun untuk menjaga kilau, dan keindahan body motor listrik dalam jangka panjang dibutuhkan Perlindungan Ekstra. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

a. Waxing

Lakukan waxing secara berkala (2-3 bulan sekali), untuk melindungi cat dari sinar UV dan goresan halus. Lapisan wax akan membuat cat motor terlihat lebih mengkilap, dan terlindungi dari paparan sinar matahari langsung yang dapat memudarkan warnanya.
    
b. Coating

Teknologi coating keramik atau nano bisa menjadi pilihan, untuk memberikan Perlindungan Ekstra pada body motor listrik Anda. Lapisan coating ini lebih tahan lama dibandingkan wax, dan efektif melindungi cat dari air, debu, bahkan goresan ringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: