KAMU HARUS TAHU! Perbedaan Antara Motor Listrik dan Motor Hybrid

KAMU HARUS TAHU! Perbedaan Antara Motor Listrik dan Motor Hybrid

Perbedaan antara motor listrik dan motor hybrid-Mobil123.com-

Motor listrik yang beroperasi di Indonesia saat ini biasanya menggunakan baterai sebagai sumber tenaga, dan ada dua jenis sistem penggantian baterai yang umum digunakan, yaitu swap dan plug-in menggunakan charger. 

Di sisi lain, motor hybrid di Indonesia masih mengandalkan mesin konvensional sebagai sumber tenaga utama. Baterai pada motor hybrid berperan sebagai penambah tenaga untuk meningkatkan performa mesin secara efisien.

Selain sebagai penambah tenaga, baterai pada motor hybrid juga berfungsi untuk menyuplai tenaga langsung saat mesin motor beroperasi. Ini menunjukkan, meskipun motor hybrid menggunakan baterai, pengguna tetap perlu mengisi bahan bakar dengan bensin untuk menjaga kinerja mesin.

2. Poros Penggerak

Perbedaan lainnya terletak pada poros penggerak. Motor listrik mempunyai dua jenis poros penggerak, yakni mid-drive dan hub-drive. 

BACA JUGA:GAMPANG BANGET !! Cara Merawat Baterai Motor Listrik yang Harus Diketahui

BACA JUGA:4 Cara Merawat Motor Listrik Bagi Pemula, Isi Daya Baterai dengan Langkah yang Tepat

Pada motor listrik dengan mid-drive, poros penggerak terletak di bagian tengah, sedangkan pada tipe hub-drive, poros penggeraknya terletak di bagian roda.

Struktur poros penggerak motor listrik mid-drive mirip dengan motor konvensional karena dilengkapi dengan drive belt. Namun, motor listrik dengan penggerak hub-drive tidak memiliki drive belt, sehingga berbeda dengan motor konvensional secara struktural.

3. Emisi yang Dihasilkan 

Meskipun dilengkapi dengan teknologi elektrifikasi, motor hybrid masih tetap menghasilkan gas buang, yang merupakan salah satu dari kelemahan utamanya. 

Sebaliknya, motor listrik tidak mengeluarkan emisi saat beroperasi, karena menggunakan tenaga listrik dari baterai sebagai sumber daya utamanya. Hal ini membuat motor listrik menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan dan mengurangi dampak negatif terhadap kualitas udara.

BACA JUGA:Wajib Diketahui, Ini Tips Merawat Motor Listrik Agar Tidak Rusak

BACA JUGA:Punya Motor Listrik ? Ini Cara Merawat Motor Listrik yang Jarang Diketahui

4. Pajak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: