KAMU HARUS TAHU! Perbedaan Antara Motor Listrik dan Motor Hybrid

KAMU HARUS TAHU! Perbedaan Antara Motor Listrik dan Motor Hybrid

Perbedaan antara motor listrik dan motor hybrid-Mobil123.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Perbedaan antara motor listrik dan motor hybrid sebenarnya mudah dipahami, namun seringkali masih membingungkan bagi sebagian orang. 

Di zaman sekarang, di mana kendaraan dengan sumber energi alternatif semakin menjadi incaran, motor listrik dan motor hybrid menjadi pilihan utama yang dipertimbangkan oleh banyak orang. 

Meskipun keduanya bertujuan untuk mengurangi emisi gas buang dan lebih ramah lingkungan daripada kendaraan konvensional, namun terdapat perbedaan pokok antara keduanya.

Jika kita merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2021, terdapat dua jenis kendaraan hybrid yang umum dikenal, yaitu full hybrid dan plug-in hybrid. Begitu juga, kendaraan listrik terdiri dari dua kategori utama, yaitu kendaraan listrik berbasis baterai dan fuel cell.

BACA JUGA:Perlu DIPAHAMI, Ini Perbedaan Plat Motor Listrik dan Motor Biasa

BACA JUGA:8 Perbedaan Motor Listrik Subsidi dan Non-Subsidi di Indonesia, Tentukan Pilihan Kalian

Untuk yang belum familiar, kendaraan full-hybrid masih menggunakan mesin konvensional sebagai penggerak utama, sementara plug-in hybrid memiliki sistem penggerak yang mengombinasikan antara baterai dan mesin konvensional.

Di Indonesia, beberapa contoh motor hybrid yang telah hadir antara lain Honda PCX Hybrid, Yamaha Fazzio, dan Yamaha Grand Filano. Sedangkan untuk motor listrik, ada beberapa model yang telah tersedia di pasar Indonesia, seperti Gesits, Alva One, United, Selis, dan lainnya.

Perbedaan antara motor hybrid dan motor listrik sebenarnya cukup jelas. Di Indonesia, terdapat dua jenis motor dengan embel-embel listrik, yaitu motor listrik berbahan baterai dan motor full-hybrid. 

Meskipun keduanya beroperasi dengan menggunakan energi listrik, namun sebenarnya memiliki perbedaan yang signifikan dalam cara kerjanya. Untuk memahami lebih lanjut mengenai perbedaan tersebut, berikut penjelasannya.

BACA JUGA:Inilah Perbedaan Antara Motor Listrik dengan Motor Konvensional yang WAJIB KAMU TAHU!

BACA JUGA:MENARIK! Inilah 7 Syarat Konversi Motor Konvensional Menjadi Motor Listrik, Jadi Ramah Lingkungan

1. Sumber Penggerak 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: