Sodetan Sungai Klawing Purbalingga Dimulai, Tak Boleh Lebihi Kedalaman Sungai

Sodetan Sungai Klawing Purbalingga Dimulai, Tak Boleh Lebihi Kedalaman Sungai

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pekerjaan sodetan aliran Sungai Klawing wilayah Desa Penaruban Kecamatan Kaligondang yang sempat tertunda, pada Selasa 26 Maret 2024 hari ini dimulai. Namun sejumlah batasan teknis tetap diberlakukan.

Asisten 2 Sekda Purbalingga, Mukodam Selasa 26 Maret 2024 menjelaskan, sesuai informasi dari Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO) Yogyakarta saat rapat sebelumnya, panjang sodetan kurang lebih 350 meter dengan lebar 10 meter dan kedalaman menyesuaikan.

"Kedalaman menyesuaikan artinya tidak boleh melebihi kedalaman sungai pada bagian hulu sodetan," tegasnya.

BACA JUGA:Realisasi Sodetan Sungai Klawing Penaruban Purbalingga Tertunda

BACA JUGA:Darurat, Sodetan Aliran Sungai Klawing Bancar-Penaruban di Purbalingga Mendesak Dibuat

Pihaknya memahami kondisi ini dan begitupun masyarakat terdampak. "Kami disini sangat terbantu dengan BBWS SO dan masyarakat. Demi mengurangi dampak longsornya tebing di Kelurahan Bancar akibat gerusan aliran Sungai Klawing," tambahnya.

Tak hanya itu, Pemkab Purbalingga juga  berharap sembari menangani sementara dengan sodetan, penanganan permanen segera dibahas kembali.

"Harapannya setelah penanganan darurat rampung, bisa berlanjut ke penanganan permanen. Meski jelas akan tergantung angaran dari Kementerian terkait di pusat," tegasnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: