Nelayan di Cilacap Tidak Melaut, Hasil Tangkapan Berkurang

Nelayan di Cilacap Tidak Melaut, Hasil Tangkapan Berkurang

Kapal nelayan Cilacap bersandar di pelabuhan. -RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Adanya faktor cuaca buruk di perairan selatan CILACAP berdampak pada hasil tangkapan ikan. Hal ini disebabkan, banyak nelayan yang memilih untuk libur melaut karena gelombang tinggi. 

Sada, salah satu pemilik rumah makan seafood mengaku, akhir-akhir ini kesulitan mencari pasokan ikan lantaran hasil tangkapan nelayan yang sedikit.

"Akhir-akhir ini saya kesulitan mencari ikan kakap, ternyata nelayan banyak yang tidak melaut karena faktor cuaca jadinya pasokan ikan sedikit," kata dia.

Salah satu nelayan, Slamet mengatakan, ia dan sejumlah nelayan lain sudah sepekan, memilih untuk libur sementara karena gelombang tinggi dan angin kencang.

BACA JUGA:Suhu Udara di Cilacap Panas dan Gerah, BMKG Sebut Masuk Musim Transisi

BACA JUGA:Teka-Teki Pembuang Jasad Bayi di Mulyasari, Cilacap Terungkap, Ibu Bayi Ditetapkan Jadi Tersangka

"Libur tidak melaut demi keselamatan karena mau lebaran juga. Rata-rata nelayan di sini banyak yang tidak melaut, kalau melaut hanya disekitar pantai tidak jauh-jauh," kata dia.

Ia mengharapkan, kondisi cuaca di perairan selatan Jawa Tengah dapat segera kondusif. Sehingga nelayan dapat berani melaut untuk mencari ikan.

"Faktor cuaca sangat menentukan pendapatan nelayan. Kalau cuacanya tidak mendukung pendapatan turun drastis karena nelayan tidak berani melaut," katanya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: