Tahun Ini, Rumah Singgah di Karanglewas Ditarget Beroperasi

Tahun Ini, Rumah Singgah di Karanglewas Ditarget Beroperasi

Selesai dibangun tahun lalu, sampai pekan pertama tahun 2024 operasional rumah singgah di Karanglewas belum berjalan.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Rumah singgah milik Pemkab Banyumas di Karanglewas ditarget dapat beroperasi tahun ini, meski minimalis.

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan dan Rehabilitas Sosial Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Kabupaten Banyumas, Budi Suharyanto mengatakan, keterbatasan anggaran menjadi pertimbangan belum berjalannya rumah singgah sampai awal tahun ini.

Meski demikian, dengan berbagai daya dan upaya pihaknya menargetkan rumah singgah di Karanglewas beroperasi minimalis tahun ini.

"Keterbatasan anggaran bukan menjadi halangan. Dari berbagai sumber akan kami upayakan untuk segera beroperasi tahun ini," katanya.

BACA JUGA:Daop 5 Purwokerto Minta Maaf, Delapan Perjalanan Kereta Api Terganggu Kecelakaan Kereta Api di Cicalengka.

BACA JUGA:Hujan Lebat Lebih 2 Jam, 70 KK Terdampak Banjir Luapan di Kedungpring Kemranjen

Budi menjelaskan, setelah dibangun tahun lalu dengan anggaran dari pemerintah provinsi senilai kurang lebih Rp 3 miliar, dari pihak provinsi juga mendorong Banyumas untuk secepatnya mengoperasikan rumah singgah di Karanglewas.

Dengan kapasitas mencapai 100 orang, rencananya rumah singgah akan dihuni oleh Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) sepulangnya dari Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Klaten. 

"Rumah singgah di Tanjung tetap jalan, untuk menampung gelandangan dan orang-orang terlantar. Rencananya seperti itu," terang dia.

Disinggung terkait pelayanan kesehatan di rumah singgah Karangkelewas, pihaknya akan menggandeng Dinas Kesehatan, puskesmas dan RSUD untuk berkolaborasi. Gambarannya bisa ada kunjungan dokter pada waktu-waktu tertentu dengan penjagaan bergilir dari petugas puskesmas.

"Konsepnya melibatkan masyarakat. Keluarga dari penderita ODGJ dapat berkunjung langsung melihat bagaimana penanganan ODGJ di Banyumas. Prinsipnya rumah singgah di Karanglewas tidak boleh mangkrak," pungkas Budi. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: