Apakah Bayi Bisa Mengalami Gangguan Kesehatan Mental? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Apakah Bayi Bisa Mengalami Gangguan Kesehatan Mental? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Penjelasan lengkap tentang masalah gangguan kesehatan mental pada bayi -Pinterest -

Beberapa gangguan kesehatan mental yang diperhatikan oleh para ahli meliputi:

1. Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan pada bayi adalah kondisi di mana bayi mengalami tingkat kecemasan yang tidak proporsional atau berlebihan terhadap situasi tertentu atau dalam interaksi dengan lingkungan sekitarnya.

Bayi terkadang menunjukkan gejala ketidaknyamanan yang berlebihan dalam situasi tertentu, seperti ketika ditinggalkan oleh orang tua atau ketika berinteraksi dengan orang asing.

Bayi yang mengalami gangguan kecemasan sulit untuk ditenangkan oleh orang tua. Oleh karena itu, penting untuk mencari bantuan dokter anak dan dokter kesehatan mental.

2. Depresi 

Depresi pada bayi adalah kondisi yang jarang terjadi namun bisa terjadi.

Depresi pada bayi dapat terjadi karena berbagai faktor, termasuk ketidakstabilan lingkungan, ketidakmampuan untuk berinteraksi dengan orang tua atau caregiver, atau gangguan kesehatan fisik.

Bayi yang mengalami depresi sering menunjukkan perubahan mood yang tidak terkontrol seperti sering menangis. 

Selain itu, Bayi yang mengalami depresi juga sering menunjukkan reaksi yang terlambat atau kurang responsif terhadap rangsangan.

3. Gangguan Perkembangan 

Gangguan perkembangan pada bayi adalah kondisi di mana bayi mengalami keterlambatan atau kesulitan dalam mencapai tonggak perkembangan yang diharapkan dalam beberapa area, seperti bicara, keterampilan motorik, atau interaksi sosial. 

BACA JUGA:Memahami Gangguan Kesehatan Mental Takut Mati

BACA JUGA:5 Ciri Awal Gangguan Kesehatan Mental yang Perlu Diwaspadai

Gangguan perkembangan pada bayi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk faktor genetik, kondisi kesehatan, atau lingkungan yang tidak mendukung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: