Usung Wacana Tagline Sumpiuh Kota Jasa pada RDTR

Usung Wacana Tagline Sumpiuh Kota Jasa pada RDTR

Sumpiuh diusulkan memiliki tagline Sumpiuh Kota Jasa pada RDTR anggaran 2024.-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Camat Sumpiuh, Ahmad Suryanto mengusung wacana tagline kawasan perkotaan Sumpiuh sebagai kota jasa. Setelah adanya sosialisasi penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan Sumpiuh tahun anggaran 2024.

Ahmad menilai, tagline Sumpiuh Kota Jasa adalah yang paling mendekati untuk menggambarkan potensi wilayah. Sumpiuh menyediakan bermacam jasa pelayanan bagi masyarakat.

"Kota perdagangan, masih nanggung. Kota pendidikan, sampai saat ini belum ada universitas. Kota singgah, punya apa? Tagline untuk Sumpiuh sepertinya cocok mengarah ke kota jasa," papar Ahmad, Jumat (22/3).

Tagline Sumpiuh kota jasa muncul dari analisa perkembangan wilayah saat ini. Di antaranya sedang digarap rumah sakit yang memiliki konstruksi gedung bertingkat, dan menjadi bangunan tertinggi di Sumpiuh.

BACA JUGA:Sosialisasi RDTR Kawasan Perkotaan Sumpiuh, Peserta: Kawal, Jangan Melempem Seperti Kerupuk

BACA JUGA:Dalam Penyusunan RDTR Kawasan Perkotaan Wangon, Diusulkan Penataan Sistem Drainase

Ke depan akan terlihat multiplayer effect dari keberadaan rumah sakit. Termasuk berkembangnya sektor jasa. Rumah sakit berada di Kelurahan Kebokura yang masuk dalam delineasi wilayah perencanaan penyusunan RDTR kawasan perkotaan Sumpiuh.

"Kalau ingin kawasan perkotaan cepat berkembang, dirikan rumah sakit dan universitas. Maka akan menghidupkan perekonomian, jasa dan sektor lainnya," ujar Ahmad.

Potensi Kecamatan Sumpiuh yaitu dilewati oleh jalur arteri yaitu jalur lingkar utara dengan status jalan nasional. Lalu, rencana pembangunan rest area dan exit tol.

Selain itu, Kecamatan Sumpiuh sebagai simpul transportasi yaitu stasiun naik turun penumpang. Didukung adanya pasar kabupaten dan toko serba ada yang besar, serta banyaknya sekolah dari jenjang pendidikan usia dini sampai menengah atas sederajat

Selama ini, citra Sumpiuh merupakan pedesaan. Dengan adanya perencanaan penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan Sumpiuh tahun anggaran 2024. Sehingga diharapkan perlahan berubah menjadi kota. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: