Fakta Menarik RC211V, Motor V5 Legendaris yang Bikin Honda Mendominasi MotoGP Era 2000-an
Mengenal RC211V, Motor V5 Legendaris yang Membawa Honda Berjaya di MotoGP--
Inspirasi Honda memilih konfigurasi V5 juga muncul dari aturan MotoGP yang menetapkan bobot minimum sama untuk motor 4 dan 5 silinder, yaitu 145 kg. Dengan lima silinder, tenaga yang dihasilkan lebih besar tanpa menambah bobot.
RC211V disebut-sebut bisa menghasilkan tenaga hingga 220 hp di putaran 14.000 rpm. Meski begitu, motor ini tetap bisa dikendalikan pada kecepatan rendah hingga menengah.
BACA JUGA:Motor Scoopy Solusi Hemat untuk Mahasiswa, Ini 5 Alasan yang Bikin Kamu Pengen Punya
BACA JUGA:Honda CB125 F, Motor dengan Konsumsi Bahan Bakar Sangat Irit, Cocok untuk Anak Muda Yang Aktif
Nama RC211V sendiri punya arti mendalam. RC adalah kode untuk Racing Corporation, 211 berarti motor pertama di abad ke-21, dan V menunjukkan konfigurasi mesin V.
Keunggulan V5 terletak pada efisiensi dan fleksibilitas desain. Piston yang lebih kecil dan ringan memungkinkan putaran mesin tinggi, sementara bodi motor tetap ramping.
Sudut V 75,5 derajat memberi keseimbangan primer optimal. Ini mirip dengan V4 ditambah satu piston ekstra yang membantu menyeimbangkan tanpa perlu balancer shaft.
Honda mengonfirmasi bahwa semua silinder pada motor ini memiliki ukuran yang sama. Ini membuat mesin lebih sederhana, murah, namun tetap bertenaga. Dengan teknologi baru, Honda menyematkan injeksi elektronik canggih yang terdiri dari dua injektor per silinder, untuk performa optimal di berbagai putaran mesin.
BACA JUGA:Motor Listrik Oyika 2025, Harga Terjangkau & Fitur Canggih yang Bikin Penasaran!
ECU canggih memungkinkan kontrol gas yang sangat presisi, bahkan menyesuaikan dengan rasio gigi. Engine brake dikendalikan elektronik agar perpindahan gigi tetap mulus. Knalpot titanium dengan dua muffler, satu di bawah jok dan satu di sisi kanan, menjadi bagian dari sistem pembuangan yang kompleks dan efisien.
Honda pun merancang motor ini agar bisa digunakan oleh tim satelit, dan pada musim 2003, delapan pembalap menunggangi RC211V. Saat pabrikan lain masih mencoba menyesuaikan motor lama ke regulasi baru, Honda sudah hadir dengan motor yang benar-benar baru. Baik sasis maupun mesin dikembangkan khusus untuk MotoGP.
Dipimpin oleh Heijiro Yoshimura, tim pengembang gabungan dari HRC dan departemen R&D Honda menyaring semua kemungkinan konfigurasi, hingga akhirnya memilih V5.
Secara desain, tiga silinder depan diposisikan di bawah main frame, dan dua silinder belakang diletakkan di tengah-tengah motor. Ini menciptakan ergonomi optimal untuk pembalap.
BACA JUGA:Honda PCX 2025, Motor Matic Premium dengan Gaya Mewah yang Bikin Jatuh Hati
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:


