Resep Tegean khas Banyumas yang Menyegarkan dan Cocok Menjadi Menu Makan Siang

Minggu 11-02-2024,04:31 WIB
Reporter : Dhani Dwi
Editor : Susi Dwi Apriani

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Banyumas merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah, yang tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya tetapi juga dengan kuliner khasnya yang lezat dan menggugah selera. Salah satu hidangan yang menjadi favorit banyak orang adalah "tegean". Tegean adalah hidangan sayuran yang segar dan disajikan dengan bumbu yang khas, membuatnya cocok sebagai menu makan siang yang menyehatkan dan mengenyangkan.

Dalam artikel ini, kita akan memberikan resep membuat Tegean khas Banyumas yang lezat serta menyegarkan. Sangat cocok menjadi menu makan siang.

Tentang Tegean Khas Banyumas

Tegean merupakan sebutan khas masyarakat Banyumas untuk sup sayur yang berkuah bening. Hidangan ini tampak sangat sederhana, tetapi menyegarkan. Hidangan ini sama seperti hidangan sayur bening lainnya. Di dalam hidangan ini terdapat berbagai jenis sayuran seperti bayam, wortel, jagung dan tauge atau kecambah yang sering ada dalam hidangan ini. Yang membuat hidangan ini spesial adalah penggunaan kencur. 

BACA JUGA:Resep Jenang Jaket khas Banyumas yang Legit dan Mudah Dibuat di Rumah

BACA JUGA:Resep Nopia, Kuliner Khas Banyumas yang Bikin Nagih

Cita rasa Kencur ini yang membuat hidangan Tegean menjadi lebih segar dan menggugah selera. Selain sayuran, Tegean biasanya disajikan dengan berbagai variasi seperti daging ayam, daging sapi dan bihun. Sayur Tegean khas Banyumas ini sangat cocok disajikan dan dinikmati menjadi menu makan siang.

Resep Tegean Khas Banyumas 

Berikut ini adalah resep membuat Tegean khas Banyumas yang segar dan lezat:

Bahan-bahan Tegean:

- 1 ikat sayur bayam, dibersihkan 

- 1/2 buah jagung, diserut

- 300 gram labu kuning, potong-potong 

- 2 buah kacang panjang, potong-potong 

Kategori :