Mengenal Investasi Saham dan Obligasi, Mana yang Lebih Baik ?

Jumat 29-12-2023,10:25 WIB
Reporter : Dhani Dwi
Editor : Laily Media Yuliana

Meskipun obligasi dianggap sebagai investasi yang lebih aman dibandingkan saham, tingkat risiko dapat bervariasi. Obligasi pemerintah sering dianggap lebih aman daripada obligasi perusahaan.

Keuntungan Investasi Obligasi

Investasi obligasi memiliki sejumlah keuntungan, termasuk:

- Pendapatan Tetap

Obligasi memberikan pendapatan tetap dalam bentuk bunga yang dibayarkan secara berkala kepada pemegang obligasi. 

- Keamanan Investasi

Secara umum, obligasi dianggap sebagai instrumen investasi yang lebih aman dibandingkan dengan saham. Pemerintah atau perusahaan yang menerbitkan obligasi berjanji untuk membayar kembali pokok pinjaman pada masa jatuh tempo.

- Diversifikasi Portofolio

Investasi obligasi dapat menjadi komponen penting dalam diversifikasi portofolio, membantu mengurangi risiko dengan menyebar investasi di berbagai instrumen keuangan.

- Beragam Pilihan

Terdapat berbagai jenis obligasi, termasuk obligasi pemerintah, obligasi perusahaan, dan obligasi municipal. Ini memberikan fleksibilitas bagi investor untuk memilih instrumen yang sesuai dengan tujuan keuangan dan profil risiko mereka.

- Stabilitas Harga

Obligasi cenderung memiliki stabilitas harga yang lebih besar dibandingkan saham. Meskipun harga obligasi dapat berfluktuasi, fluktuasi ini umumnya lebih terkendali dibandingkan saham.

- Pajak yang Menguntungkan

Beberapa negara memberikan perlakuan pajak yang menguntungkan untuk pendapatan bunga dari obligasi, tergantung pada peraturan dan kebijakan pajak setempat.

Kekurangan Investasi Obligasi

Kategori :