Kadus Kecamatan Pekuncen Perkuat Solidaritas Lewat Silaturahmi Rutin Paguyuban

Senin 26-06-2023,14:03 WIB
Reporter : Yudha Iman Primadi
Editor : Indri Agustina

BANYUMAS - Sebanyak 41 kepala dusun dari 16 desa di Kecamatan Pekuncen, Senin ini (26/6) melangsungkan silaturahmi di Balai Desa Cikawung guna memperkuat solidaritas. Ke depan melalui musyawarah mufakat, acara silaturahmi diagendakan menjadi kegiatan rutin paguyuban.

Ketua Paguyuban Kepala Dusun Kecamatan Pekuncen, Agus Giniarso mengatakan acara silaturahmi adalah sarana untuk pertemuan dengan anggaran dari pribadi kepala dusun dan tidak dianggarkan dari desa. Rencana dirinya dengan pengurus, paguyuban kepala dusun ke depan ada kegiatan terjadwal.

"Oleh karena itu kami hari ini (Senin) mengundang juga Forkompincam Pekuncen untuk mendapat arahan," katanya.

Agus menjelaskan dalam acara silaturahmi pihaknya menjaring masukkan dari 41 kepala dusun di Kecamatan Pekuncen agar ke depan acara tetap dilangsungkan di balai desa atau di rumah-rumah. Lalu akan diprogramkan apakan acara silaturahmi kepala dusun akan dilangsungkan per pekan atau per bulan.

BACA JUGA: Pendaftar Kelas Jauh SMA Negeri 1 Ajibarang Belum Banyak Dari Desa Bagian Timur Selatan Cilongok

"Hari ini (Senin) kita senang-senang dulu. Kedepan dirembug apakah seminggu atau sebulan sekali," terang dia.

Dilanjutkannya melalui silaturahmi seluruh kepala dusun di Kecamatan Pekuncen dapat semakin solid. Setelah ada persatuan kepala desa, persatuan sekretaris desa sampai persatuan kayim, dengan jumlah kepala kepala dusun yang paling banyak dibandingkan perangkat lainnya waktunya kepala kepala dusun juga memiliki paguyuban.

Pembina Paguyuban Kepala Dusun Kecamatan Pekuncen, Muflihudin mengapresiasi adanya silaturahmi Kepala Dusun Kecamatan Pekuncen. Yang sulit dalam satu paguyuban menurutnya bukan menyamakan pendapat melainkan menyepakati waktu untuk dapat bermusyawarah mufakat terkait kegiatan Paguyuban Kepala Dusun Kecamatan Pekuncen ke depan.

BACA JUGA: Takraw Targetkan Satu Mendali Emas Porprov Jateng 2023

"Kita di dalam pemerintahan desa ada kepala desa dan kepala dusun. Maka dari itu bagaimanapun hebatnya paguyuban kepala dusun tetap ada ijin dan restu dari kepala desa sebagai rujukan," ingatnya.

Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Pekuncen, Pandu Rahandika, SIP dalam arahannya mengapresiasi kegiatan silaturahmi kedua yang telah dilaksanakan kepala dusun Kecamatan Pekuncen. Kepala dusun mempunyai tanggung jawab membantu kepala desa dalam membina ketentraman dan ketertiban masyarakat di lapangan sebagai ujung tombak.

"Kalau bisa nanti ke depan dapat dimusyawarahkan agenda paguyuban Kepala Dusun Kecamatan Pekuncen seperti apa. Sehingga jelas fungsinya diadakannya silaturahmi," pesannya. (yda)

Kategori :