Anggota DPR RI Adisatrya Sulisto Apresiasi Peran Bank BRI dalam Mendorong Inklusi Keuangan

Selasa 29-11-2022,14:58 WIB
Reporter : Julius Purnomo
Editor : Ali Ibrahim

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Jawa Tengah VIII, Adisatrya Suryo Sulisto mengapresiasi peran BRI dalam mendorong inklusi keuangan di Indonesia dan visi BRI menjadi “Champion of Financial Inclusion” pada 2025.

Hal tersebut sejalan dengan visi Pemerintah yang mencanangkan tingkat inklusi keuangan mencapai 90% pada 2024 dalam rangka mendorong pemerataan kemakmuran bagi bangsa Indonesia.

BRI memiliki 3 strategi utama dalam upayanya meningkatkan financial literasi index. Pertama, mengembangkan Agen BRILink menjadi 600 ribu hingga akhir 2022 di seluruh Indonesia.

Kedua, mengembangkan digital advisor atau penyuluh digital dengan tugas mengajari masyarakat untuk buka rekening dan bertransaksi secara digital, serta mengajarkan masyarakat melakukan pengamanan agar terhindar dari kejahatan digital. Ketiga, berupaya secara konsisten mengembangkan ekosistem bisnis secara digital.

“Saya mendukung 3 strategi utama BRI dalam meningkatkan indeks literasi keuangan, karena untuk mewujudkan peningkatan inklusi keuangan itu harus diikuti juga dengan peningkatan literasi keuangan. Strategi BRI tersebut diharapkan dapat meningkatkan transaksi keuangan harian nasabah yang dilakukan secara digital serta untuk menjamin keberlanjutan proses keuangan digital di masa depan.” kata Adisatrya di Cilacap pada Rabu 10 Oktober 2022

Sementara itu, jumlah agen laku pandai milik BRI atau Agen telah mencapai 584 ribu pada akhir Agustus 2022 dengan jangkauan mencapai 57.618 desa, atau mencakup 3/4 desa diseluruh Indonesia. Sepanjang Januari - Agustus 2022, Agen BRILink tersebut memproses lebih dari 709 juta transaksi dengan total volume transaksi mencapai Rp. 855,5 triliun.

“Melalui Agen BRILink, masyarakat dapat menikmati akses layanan transaksi keuangan layaknya layanan bank di agen-agen/mitra Agen BRILink secara lebih dekat. Selain itu, Agen BRILink juga memberikan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Bahkan informasi yang saya dapatkan dari BRI, sharing fee yang diterima oleh Agen BRILink periode Januari-Agustus 2022 berkisar antara Rp1,8 triliun - Rp.2,7 triliun.” ujar Adisatrya.

Selain Agen BRILink, BRI juga menjadi induk Holding Ultra Mikro (UMi) yang dibentuk untuk memperkuat literasi dan inklusi keuangan. Sinergi ekosistem ultra mikro antara BRI dengan Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM) adalah untuk membuka akses layanan keuangan yang lebih luas kepada masyarakat.

Terdapat 45 juta potensi nasabah ultra mikro yang dapat diberdayakan, dimana sekitar 15 juta di antaranya sudah dapat mengakses lembaga pembiayaan formal. Meskipun demikian, masih ada sekitar 12 juta pelaku usaha UMi yang mengakses pembiayaan informal termasuk rentenir, dan sekitar 18 juta pelaku usaha UMi lainnya belum tersentuh lembaga pembiayaan formal maupun informal.

Adisatrya juga mengapresiasi BRI yang telah mengintegrasikan nasbah ketiga entitas Holding Umi mencapai 23,5 juta nasabah hingga akhir Agustus 2022 dengan total outstanding pembiayaan sebesar Rp183,9 triliun, serta berhasil menaikkelaskan 1,8 juta nasabah KUR Mikro ke Komersial di tahun 2021 dan di tahun 2022 diprediksikan nasabah yang berhasil dinaikkelaskan mencapai 2,2 juta nasabah.(*/ads)

 

Tags : #adisatrya
Kategori :