Penyebab Tali Gas Sepeda Motor Matic Bisa Putus

Rabu 16-10-2024,05:33 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.CO.ID - Kabel throttle alias tali gas sepeda motor matic merupakan bagian penting yang menghubungkan tuas throttle dan throttle mesin sepeda motor matic.

Meskipun sekilas terlihat sederhana, kabel throttle sepeda motor matic dapat rusak atau terputus jika perawatan diabaikan.

Artinya mesin sepeda motor matic tidak dapat berfungsi maksimal. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut, artikel ini menjelaskan penyebab tali gas sepeda motor matic bisa terputus.

Penyebab Tali Gas Motor Matic Putus

Kerusakan kabel throttle atau tali gas pada sepeda motor matic dapat disebabkan oleh kurangnya perawatan rutin. Selain itu, kerusakan pada komponen epeda motor matic juga merupakan faktor yang sangat umum terjadi.

BACA JUGA:Pilihan Kredit dan Simulasi Cicilan Motor Matic Honda Beat Sporty CBS 2024 yang Wajib di Pahami Calon Pembeli

BACA JUGA:5 Rekomendasi Motor Matic Stylish yang Bikin Mahasiswi Tampil Kece di Kampus! Super Enteng dan Murah

Memahami penyebabnya akan membantu Anda menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi kerusakan kabel throttle. Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab putusnya tali gas sepeda motor matic Anda.

1. Tekanan pada Kabel Gas

Mendorong dan menarik kabel setiap kali menggunakan sepeda motor matic akan menyebabkan kerusakan material. Seiring waktu, tekanan ini dapat semakin melemahkan kabel dan menyebabkannya putus.

Dalam hal ini, mesin sepeda motor matic tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, biaya perbaikan sepeda motor matic akan tinggi. Solusinya adalah dengan mendeteksi tanda-tanda keausan secara rutin. 

BACA JUGA:Pengguna Honda Wajib Tau ! Inilah Tips Merawat Motor Matic Honda Beat, Honda Vario, dan Honda Scoopy

BACA JUGA:Bayar Rp900 Ribu per Bulan, Kredit Motor Matic Honda Beat Sporty Deluxe Smartkey Tawarkan Tenor hingga 3 Tahun

Jika Anda melihat ada keretakan atau korosi pada sepeda motor matic Anda, segera ganti pita gas. Direkomendasikan untuk diganti setelah setiap perawatan besar sepeda motor matic.

2. Gesekan Berlebihan

Selain kelelahan material, gesekan berlebihan juga merupakan masalah umum yang menyebabkan kegagalan dini pada kabel throttle. Hal ini sering kali disebabkan oleh pemasangan yang tidak tepat atau penumpukan kotoran.

Gesekan yang tinggi dapat mengikis pelindung sepeda motor matic dan kabel throttle, sehingga mempercepat kegagalan. Gesekan yang tinggi juga dapat mempengaruhi performa sepeda motor matic.

BACA JUGA:Spesifikasi Motor Matic Honda PCX 160 Terpilih Menjadi Motor Operasional Tim Repsol Honda di MotoGP Mandalika!

Kategori :