Penyebab Busi Motor Matic Retak dan Rekomendasi Motor Matic yang Miliki Busi Tangguh

Kamis 26-09-2024,13:31 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.CO.ID - Busi merupakan bagian penting bagi sepeda motor tak terkecuali bagi sepeda motor matic. Busi sepeda motor matic berperan sebagai penyala pada ruang bakar, menggerakkan piston dan memutar poros engkol.

Busi sepeda motor matic juga bisa retak pada saat digunakan yang disebabkan oleh berbagai hak. Anda mungkin pernah melihat busi keramik retak saat menyervis atau memeriksa busi sepeda motor matic Anda.

Busi keramik sepeda motor matic yang retak menandakan harus segera diganti dengan yang baru karena dapat mempengaruhi kinerja mesin kendaraan anda. Namun apa penyebab keretakan pada keramik busi sepeda motor matic?

Keretakan pada busi keramik sepeda motor matic bisa disebabkan oleh penanganan yang tidak tepat, yaitu jika busi terbentur bahan keras atau terjatuh dari ketinggian yang cukup tinggi.

BACA JUGA:Gampang! Begini Cara Baca Odometer pada Speedometer Motor Matic, Penting untuk Ganti Oli

BACA JUGA:Simulasi Kredit Syariah Motor Matic Yamaha Nmax Neo Terbaru 2024, Cicilan Aman Mulai Rp1 Jutaan

 

Retak pada busi motor matic dapat menyebabkan kebocoran listrik pada bagian dalam busi sehingga mengakibatkan gangguan teknis seperti aliran arus ke busi yang tidak merata sehingga ruang bakar lebih mudah kotor. 

Dampak jangka panjang lainnya dari busi motor matic yang retak adalah mesin terasa berat dan boros, busi cepat aus, dan sulit dihidupkan hingga berhenti. Untuk menghindari hal ini, disarankan memasang busi motor matic dengan benar.

Gunakan kunci busi dengan ukuran yang sesuai, dan jika lokasi busi sulit dijangkau, gunakan kunci busi magnetis.

Jika Anda melihat busi motor matic Anda retak, segera ganti busi dengan yang baru untuk menjaga performa sepeda motor matic tetap optimal dan keselamatan berkendara. 

BACA JUGA:Nggak Sampai 18 Juta! Ini Harga Motor Matic Murah yang Gak Bikin Kantong Bolong

BACA JUGA:Cara Memilih Oli Motor Matic yang Bagus , Jangan Sampe Salah Pilih !

 

Penyebab umum busi motor matic retak lainnya adalah pemasangan busi menggunakan kunci busi yang salah.

Kategori :