Ingin Motor Matic Awer dan Panjang Umur ? Ini 8 Tips Mudah Merawat Motor Matic

Rabu 18-09-2024,07:31 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Artinya mesin siap digunakan dan kinerjanya optimal. Anda dapat memanaskan mesin motor matic selama kurang lebih 5 hingga 10 menit setiap pagi, baik Anda berencana untuk berkendara atau tidak.

2. Ganti oli secara rutin

Oli merupakan elemen penting untuk kelancaran pengoperasian mesin sepeda motor matic. Tanpa oli, gesekan antar bagian mesin motor matic dapat menyebabkan kerusakan serius.

Oleh karena itu, gantilah oli sepeda motor matic Anda secara rutin sesuai jadwal yang dianjurkan. Umumnya oli motor matic perlu diganti setiap 2.000 hingga 3.000 km.

BACA JUGA:Cara Belajar Otomotif dengan Cepat untuk Pecinta Motor Matic

BACA JUGA:Penyebab Motor Matic Honda Scoopy Tidak Dapat Distarter

 

Penggantian oli sepeda motor matic secara teratur menjaga mesin tetap dingin, mencegah keausan, dan menjaga sepeda motor matic tetap nyaman.

3. Pengecekan V-belt dan pulley

V-belt dan pulley merupakan komponen penting pada sistem transmisi otomatis motor matic. V-belt berfungsi sebagai penghubung antara mesin dan roda belakang, dan roller membantu mengatur transmisi tenaga  motor matic.

Keduanya bekerja sama untuk menjamin kelancaran pengoperasian sepeda motor matic. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi ban dan roller motor matic secara berkala.

BACA JUGA:9 Motor Matic Murah untuk Mahasiswa: Pilihan Terbaik dengan Budget Terbatas!

BACA JUGA:Motor Matic dengan Tangki Paling Besar: Ada yang Tembus Sampai 16 Liter

 

Jika sepeda motor matic anda menunjukkan tanda-tanda aus atau rusak, segeralah diservis di bengkel terpercaya dan ganti komponen-komponen yang aus untuk menjaga performa sepeda motor matic anda tetap optimal.

4. Periksa busi dan aki secara berkala

Kategori :