Gempa Bumi 5,8 SR di Yogyakarta Dirasakan Hingga Purwokerto

Senin 26-08-2024,20:55 WIB
Reporter : Dimas Prabowo
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gempa bumi dengan kekuatan 5,8 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Yogyakarta pada Senin malam, (26/8/2024). 

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), melalui media center BPBD Banyumas, gempa terjadi pada pukul 19:57:42 WIB.

Dalam data tersebut, disebutkan pusat gempa terletak pada koordinat 8,78 Lintang Selatan dan 110,27 Bujur Timur, dengan kedalaman 30 kilometer. 

BACA JUGA:Calon Kepala Daerah dari PDI Perjuangan Untuk Pilkada Cilacap Masih Samar

Lokasi gempa berada di 95 km barat daya Gunungkidul, 97 km barat daya Bantul, 107 km tenggara Kulonprogo, dan 109 km barat daya Yogyakarta.

Guncangan gempa tersebut juga dirasakan sebagian warga di Purwokerto. Beberapa warga melaporkan merasakan getaran sedang yang berlangsung selama beberapa detik.

Salah satunya Nur Sasongko (43), ia mengaku cukup kaget, meski guncangan gempa tidak besar dan hanya berlangaung sekitar tiga detikan.

BACA JUGA:Partisipasi Masyarakat Kabupaten Cilacap dalam Pilkada 2024 Ditarget 80 Persen

"Saya sedang duduk di lantai, dan mainan laptop. Tiba-tiba berasa seperti ada guncangan, terus saya nanya ke anak-anak saya, kerasa lindu (gempa) ndak, dan anak-anak saya  juga merasakannya. Saya lihat lampu gantung di ruang tamu juga bergoyang," ujar Nur, warga Dukuwaluh.

Dalam data Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS) yang dibagikan melalui Media Center BPBD Banyumas, BMKG memastikan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Sementara itu, Kepala BPBD Banyumas, Budi Nugroho saat dihubungi melalui pesan Whatsapp mengatakan, sampai saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang terjadi akibat gempa tersebut.

BACA JUGA:Hingga Akhir Agustus 2024, Pasar Kroya Cilacap Belum Juga Dibangun

"Belum ada laporan, kita masih identifikasi melalui petugas kita di lapangan," jelasnya. (dms)

Kategori :