Perhatikan! 7 Penyebab Oli Bisa Keluar dari Knalpot Motor Matic

Selasa 13-08-2024,20:09 WIB
Reporter : Dhani Dwi
Editor : Susi Dwi Apriani

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Meski dikenal karena kemudahan dan kenyamanannya, motor matic juga rentan mengalami berbagai masalah teknis. Salah satu isu yang bisa menimbulkan kekhawatiran adalah keluarnya oli dari knalpot. 

Mungkin kalian pernah melihat asap berwarna biru atau abu-abu keluar dari knalpot motor matic kalian dan bertanya-tanya apa penyebabnya. 

Keluarnya oli dari knalpot bukan hanya indikasi adanya masalah teknis, tetapi juga bisa menjadi tanda bahwa mesin motor matic membutuhkan perhatian khusus. 

Dalam artikel ini, kita akan mengungkap berbagai penyebab oli bisa keluar dari knalpot dan langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatasi masalah ini.

Penyebab Oli Keluar dari Knalpot Motor Matic

Berikut ini adalah beberapa penyebab oli keluar dari knalpot motor matic:

1. Segel atau Ring Piston yang Rusak

Salah satu penyebab umum oli keluar dari knalpot adalah kerusakan pada segel atau ring piston. Ring piston bertugas untuk menjaga agar oli mesin tidak masuk ke ruang bakar.

Ketika ring piston mengalami keausan atau kerusakan, oli bisa masuk ke ruang bakar dan terbakar bersama bahan bakar.

BACA JUGA:Perbandingan Harga Motor Matic Honda Beat Deluxe 2024 Baru vs Bekas, Mending Mana?

BACA JUGA:Intip Harga Motor Matic Yamaha Lexi 155 2024, Punya Fitur Smart Motor Generator!

Proses pembakaran ini menghasilkan asap berwarna biru atau abu-abu dari knalpot, yang menunjukkan bahwa oli keluar dari knalpot.

Jika masalahnya terletak pada ring piston, maka perbaikan atau penggantian ring piston diperlukan. Hal ini sering memerlukan pembongkaran mesin oleh teknisi berpengalaman.

2. Kerusakan pada Segel Valve

Kategori :