RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sepeda motor merupakan kendaraan yang nyaman untuk mengarungi jalan sempit. Sepeda motor yang paling banyak diminati saat ini adalah sepeda motor matic yang sangat mudah digunakan.
Semua sepeda motor matic dilengkapi dengan sistem kopling ganda yang memudahkan pengoperasian sepeda motor. Kopling ganda ini terdiri dari dua bagian penting yaitu rumah kopling dan lapisan ganda.
Sebagai pemilik sepeda motor matic setidaknya Anda harus mengetahui fitur dan fungsi bantalan kopling ganda ini.
Bantalan kopling merupakan bagian yang sangat penting bahkan untuk sepeda motor yang dilengkapi sistem karburator.
BACA JUGA:Solusi Menghadapi Kemacetan dengan Motor Matic
BACA JUGA:Cara Merawat Motor Matic Agar Selalu Ringan Ketika Dikendarai yang Mudah Dilakukan
Secara umum kampas kopling memiliki fungsi untuk menghubungkan mesin dengan sistem transmisi. Kehadiran lapisan kopling ini memungkinkan roda dapat bergerak dan pada akhirnya sepeda motor matic pun dapat bergerak.
Berbeda dengan sepeda motor biasa, sepeda motor matic memiliki lapisan kopling ganda. Fairing ganda ini memiliki format berbeda, namun perannya dalam menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang hampir sama.
Liner jenis ini hanya digunakan pada sepeda motor matic yang menggunakan sistem transmisi variabel kontinu (CVT). Layar ganda menggunakan dua komponen.
Yang pertama adalah kopling sentrifugal yang terletak pada poros engkol dan berperan sebagai kopling utama. Yang kedua adalah kopling sekunder di sisi transmisi.
BACA JUGA:Cara Mencuci Motor Matic di Rumah yang Aman
BACA JUGA:Tips Merawat Motor Matic Honda Vario 125 yang Penting untuk Dilakukan
Peran kopling primer adalah untuk menghentikan putaran mesin pada saat putaran mesin rendah.