Fungsi utama lainnya dari lapisan kopling ganda adalah untuk menghidupkan putaran mesin pada kecepatan maksimal. Akibatnya sepeda motor matic akan berhenti pada posisi pendekatan dan mesin akan hidup.
Fungsi dari sekunder sendiri adalah untuk menentukan putaran mesin pada saat pergantian gigi. Tanpa kedua komponen tersebut, roda tidak akan berputar, begitu pula mesin.
Cara Kerja Lapisan Kopling Ganda Motor Matic
Dilihat dari fungsinya, kopling ganda ini bekerja pada saat sepeda motor matic berjalan. Hal ini disebabkan karena saat sepeda motor matic melaju, akselerasinya semakin besar dan putaran mesin pun bertambah.
BACA JUGA:Keren Abis! 7 Kecanggihan Motor Matic Yamaha Zuma 125, yang Bikin Jatuh Hati
BACA JUGA:Yuk Intip! Kelebihan CVT Pintar pada Motor Matic Yamaha NMAX Turbo
Gaya sentrifugal juga bekerja pada kopling primer sehingga menyebabkannya meregang dan menyambung dengan rumah kopling.
Kopling primer juga meneruskan putaran mesin ke kopling sekunder, yang mendistribusikannya ke roda. Tiga metode kerja berikut dapat diterapkan pada bantalan kopling ganda :
1. Performa Mesin Berjalan
Saat pertama kali menghidupkan sepeda motor matic, mesinnya tidak akan langsung hidup karena kopling primer tidak aktif dan transmisi masih netral. Kinerja lapisan kopling primer sepeda motor matic memanfaatkan gaya sentrifugal.
BACA JUGA:Cocok Untuk Touring! Ini 7 Motor Matic Dengan Jarak Tempuh Terjauh
BACA JUGA:Hal-hal yang Disukai dari Motor Matic Yamaha X Ride 125
Bentuk seperti drum yang menjauhi sumbu rotasi. Kekuatan yang dihasilkan akan lebih longgar, tapi tidak banyak.
Itu sebabnya mesin sepeda motor matic tidak menyentak saat dimasukkan ke persneling. Penyebabnya adalah rumah kopling dan kopling primer tidak berputar.