Kelebihan Motor Matic Suzuki Nex Crossover Dibandingkan dengan Yamaha X-Ride dan Honda Beat Street

Rabu 05-06-2024,07:33 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Sepeda motor matic NEX bersilangan 150mm. Tentu saja, ini adalah yang tertinggi dan terbaik saat berkendara melewati gundukan kecepatan dan jalan tidak rata tanpa takut terjebak.

Pengendalian dan Performa

Secara umum, ketiga sepeda motor matic konsep petualang ini didesain kompak. Artinya tetap ergonomis dalam hal kenyamanan berkendara dan handling.

BACA JUGA:Ketahui Sebelum Membeli ! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Yamaha Fazzio

BACA JUGA:Spesifikasi dan Review Motor Matic Yamaha Fascino 125

 

Keduanya memiliki pijakan kaki lebih lebar dan setang lebih tinggi untuk kenyamanan lebih. Pasalnya, beratnya pun masih dalam kisaran ideal.

Namun jika dicermati, bobot sepeda motor matic X-Ride dan Nex Countryman masing-masing adalah 94kg. Beat Street sebenarnya dianggap paling ringan dengan berat hanya 89kg.

Pasalnya, Astra Honda Motor telah mengintegrasikan sasis eSAF (Enhance Smart Architecture Frame) pada sepeda motor matic generasi barunya. Penguat sepeda motor matic ini terbuat dari baja tempa, bukan besi seperti model sebelumnya.

Namun, kekuatannya juga paling rendah. Mesin SOHC 110cc menghasilkan tenaga 8,85 tenaga kuda pada 7.500 rpm dan torsi 9 Nm pada 6.500 rpm. Salah satu keunggulan

Sepeda motor matic Beat Street adalah efisiensi (spek) yang ditentukan sebesar 60,6 km/l. Sepeda motor matic Crossover Nex tentu mumpuni berkat mesin SOHC 113cc yang dimilikinya.

Misal keluaran hooknya mencapai 9,2 HP. Tapi, tentu saja sepeda motor matic X-Ride unggul di departemen ini. 

Jantung mekanis blue core dengan kapasitas 125 cm3 mampu menghasilkan tenaga maksimal 12,7 hp/8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm (5.500 rpm). Tentunya juga dilengkapi dengan peredam kejut teleskopik dan sub-tank (depan dan belakang).

Dalam hal kapasitas penyerapan guncangan, suspensi ini jauh lebih unggul daripada suspensi non-tubular Beat Street. Namun ketiganya mengandalkan sistem pengereman berupa cakram dan tromol pada kedua rodanya. (fah)

Kategori :