Demo Hardiknas dan Hari Buruh, Mahasiswa Soroti UKT Unsoed yang Naik hingga Rp 50 Juta

Jumat 03-05-2024,17:47 WIB
Reporter : Ahmad Erwin
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Puluhan mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Purwokerto melakukan aksi demonstrasi di jalan Jenderal Soedirman Alun-Alun Purwokerto, Jumat (3/5/2024) sore. 

Para mahasiswa melakukan aksi demonstrasi tersebut dalam rangka memperingati hari buruh Internasional 1 Mei, dan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei kemari. 

Fikih Abdur Rofik, Korlap Aksi mengatakan, demonstrasi tersebut dilakukan sebagai momentum memperingati hari Buruh dan hari Pendidikan. 

BACA JUGA:Siapa Saja Bisa Kuliah di UMP, Rektor Sambut Siswa SMA Maarif NU Jatinegara Tegal

"Jadi mahasiswa itukan ada relevansinya, yaitu kira dituntut untuk mendapatkan pendidikan yang layak, kita dituntut untuk mendapatkan pendidikan tinggi," katanya. 

Akan tetapi sistem pendidikan saat ini masih sulit. 

"Tapi ternyata sampai hari ini peraturan dari pemerintah, sistem yang diberikan itu sangat menyulitkan," jelasnya. 

BACA JUGA:Perolehan Suara dan Caleg Terpilih Resmi Ditetapkan, PDIP Masih Tertinggi

Hal itu seperti apa yang dialami oleh para camaba Unsoed terkait penyesuaian UKT yang nilainya sangat memberatkan mahasiswa. 

"Terbukti dan dirasakan oleh teman-teman mahasiswa Unsoed, dimana UKT sampai 50 juta. Bayangkan kita sebagai mahasiswa bagaimana mendapatkan pendidikan sungguh ironi," pungkasnya.

BACA JUGA:Fair Play, Peserta dan Pembimbing LKS SMK Bidang Teknik Alat Berat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 Diisolasi

Sementara itu dari Pantauan Radarbanyumas, aksi tersebut berjalan kondusif dan lancar. Aksi puluhan mahasiswa ini juga dikawal langsung oleh Kapolresta Banyumas. (win)

Kategori :