MENAKJUBKAN! Motor Listrik yang Memiliki Jarak Tempuh Terjauh Cocok Untuk Mudik

Minggu 07-04-2024,07:39 WIB
Reporter : Aditya Kurniawan
Editor : Ali Ibrahim

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Motor listrik yang memiliki jarak tempuh terjauh cocok untuk mudik semakin beragam, membuka peluang baru bagi masyarakat untuk bepergian dengan ramah lingkungan. Seiring dengan kesadaran lingkungan yang meningkat, penggunaan kendaraan listrik menjadi pilihan yang semakin menarik.

Namun salah satu faktor yang masih menjadi perhatian konsumen, adalah jarak tempuh yang ditawarkan. Bagi para pengendara yang gemar bepergian jauh, kekhawatiran kehabisan daya di tengah jalan tentu menjadi pertimbangan penting.

Kabar baiknya produsen motor listrik kini semakin fokus menghadirkan produk, dengan kemampuan jelajah yang mumpuni. Berikut ini motor listrik yang memiliki jarak tempuh terjauh cocok untuk mudik, lengkap dengan spesifikasi dan fitur unggulannya.



1. ALVA Cervo

Memimpin daftar motor listrik yang memiliki jarak tempuh terjauh cocok untuk mudik, saat ini dipegang oleh ALVA Cervo. Pabrikan asal Yogyakarta ini berhasil menghadirkan motor listrik, yang mampu melaju sejauh 125 km dalam sekali pengisian daya.

BACA JUGA:Mau Beli Motor Listrik Tapi Bingung ? Perhatikan Ini Sebelum Membeli

BACA JUGA:PERLU TAHU! Komponen Motor Listrik yang Harus Sering Dicek untuk Menjaga Kinerja Agar Optimal

Jarak tempuh yang memukau ini, dicapai berkat penggunaan baterai lithium-ion ganda berkapasitas 60V 23Ah. Tak hanya unggul dalam jarak tempuh, ALVA Cervo juga menawarkan performa yang gahar.

Motor ini dibekali tenaga sebesar 3.000 watt dan torsi puncak 53,5 Nm, menjanjikan akselerasi yang responsif dan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Kecepatan maksimalnya pun terbilang tinggi, mencapai 103 km/jam, sehingga cocok untuk digunakan di jalan perkotaan maupun jalur antarkota.

2. NIU N GT

Bagi pecinta desain skuter yang modern dan stylish, NIU N GT bisa menjadi pilihan menarik. Motor listrik besutan NIU ini menawarkan jarak tempuh yang cukup mumpuni, yakni 120 km dalam sekali pengisian.

Dibekali baterai lithium-ion 72V 30Ah, NIU N GT juga menawarkan performa yang bertenaga dengan daya 2.400 watt dan torsi 32 Nm. Kecepatan maksimalnya mencapai 80 km/jam, ideal untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari atau perjalanan santai.  

BACA JUGA:Tips Hemat Baterai Saat Berkendara Motor Listrik, Perhatikan 3 Hal Penting Ini

BACA JUGA:Ampuh! Begini Tips Mencuci Motor Listrik agar Kinclong dengan Aman

Selain unggul dalam performa NIU N GT juga dilengkapi dengan beragam fitur canggih, seperti smart key system, layar LCD digital, dan lampu LED yang modern.

3. Selis E-Max Long Range

Selis E-Max Long Range bukanlah nama baru di ranah motor listrik Indonesia. Motor listrik besutan Selis ini bahkan pernah meraih penghargaan, dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) berkat kemampuan jelajahnya yang impresif.

Selis E-Max Long Range dibekali baterai lithium-ion 72V 25Ah, dan mampu melaju sejauh 110 km dalam sekali pengisian daya. Tenaga yang dihasilkan motor ini mencapai 2.500 watt dengan torsi puncak 53 Nm, cukup untuk memenuhi kebutuhan perjalanan harian maupun jarak menengah.

Kecepatan maksimalnya mencapai 90 km/jam, menjadikan Selis E-Max Long Range sebagai pilihan yang fungsional dan hemat biaya.

BACA JUGA:6 Keunggulan Motor Listrik Alva One XP, Moda Terbaik untuk Mobilisasi

BACA JUGA:6 Problem Umum yang Dihadapi Pemilik Motor Listrik, Banyak Solusi!

4. Polytron Fox R

Bagi pecinta motor listrik dengan performa gahar, Polytron Fox R patut dipertimbangkan. Motor listrik besutan Polytron ini menawarkan jarak tempuh terjauh, di antara pilihan yang telah disebutkan sebelumnya yaitu 130 km sekali pengisian.

Hal ini dimungkinkan berkat penggunaan baterai lithium-ion berkapasitas besar, yakni 60V 50Ah.  Keunggulan Polytron Fox R  tidak berhenti sampai disitu, motor ini dipersenjatai dengan tenaga sebesar 5.000 watt dan torsi puncak 92 Nm.

Yang menjanjikan akselerasi yang buas dan pengalaman berkendara yang sporty. Kecepatan maksimalnya mencapai 90 km/jam, cocok untuk digunakan di medan perkotaan maupun jalanan yang berbukit.

5. Viar Q1

Mencari motor listrik yang memiliki jarak tempuh terjauh cocok untuk mudik bergaya sporty? Viar Q1 bisa menjadi jawabannya. Motor listrik keluaran Viar ini mengusung desain sporty, yang aerodinamis.

BACA JUGA:Durasi Servis Rutin Motor Listrik, Panduan PENTING untuk Pemeliharaan Optimal

BACA JUGA:Tantangan dan Prospek Industri Motor Listrik di Pasar Global

Selain itu Viar Q1 dibekali baterai lithium-ion 72V 25Ah, yang mampu menopang jarak tempuh hingga 120 km dalam sekali pengisian. Viar Q1 juga tidak tanggung-tanggung dalam hal performa.

Motor ini dipersenjatai dengan tenaga 3.000 watt dan torsi puncak 54 Nm, menjanjikan akselerasi yang responsif dan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Kecepatan maksimalnya mencapai 90 km/jam menjadikan Viar Q1, sebagai pilihan ideal  pecinta motor listrik bergaya sporty yang tetap mementingkan fungsionalitas.

Faktor yang Mempengaruhi Jarak Tempuh

Meskipun telah disebutkan jarak tempuh untuk masing-masing motor listrik, perlu dicatat bahwa angka tersebut bisa berbeda tergantung pada beberapa faktor.

BACA JUGA:Mirip Banget! Inilah Daftar Motor Listrik yang Mirip dengan Motor Nmax

BACA JUGA:Wajib Dicatat! Inilah Kesalahan dalam Perawatan Rem Motor Listrik yang Harus Dihindari

Faktor pertama adalah kondisi jalan ang dilewati kendaraan tersebut. Berkendara di jalanan yang macet dengan kondisi stop-and-go, tentu akan lebih boros baterai dibandingkan melaju kencang di jalan tol.

Faktor kedua adalah cara mengendarai motor listrik tersebut. Kebiasaan berkendara dengan kecepatan tinggi atau sering melakukan akselerasi mendadak, juga akan mempengaruhi efisiensi baterai.

Faktor ketiga adalah beban kendaraan pada motor listrik, semakin berat beban yang dibawa maka semakin besar pula konsumsi daya baterai.

Tidak dapat dipungkiri kehadiran motor listrik dengan kemampuan jelajah yang mumpuni ini, menjadi angin segar bagi perkembangan kendaraan listrik di Indonesia. Dengan terus bertumbuhnya infrastruktur pendukung seperti SPLU, masa depan kendaraan listrik di Indonesia pun terlihat semakin maju.

BACA JUGA:Mengapa Menghitung Biaya Perawatan Sebelum Membeli Motor Listrik Penting? Begini Alasannya

BACA JUGA:PERHATIAN ! Inilah Faktor Penyebab Baterai Motor Listrik Cepat Rusak

Motor listrik yang memiliki jarak tempuh terjauh cocok untuk mudik semakin beragam, dengan memahami spesifikasi, fitur, dan faktor-faktor yang mempengaruhi jarak tempuh. Anda bisa memilih motor listrik sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. (AKR)

Kategori :