Banner v.2

Optimalisasi Pelayanan Kepolisian, Polres Purbalingga Fasilitasi Pembuatan SIM Penyandang Disabilitas

Optimalisasi Pelayanan Kepolisian, Polres Purbalingga Fasilitasi Pembuatan SIM Penyandang Disabilitas

Para penyandang disabilitas tengah mengikuti ujian tahapan pembuatan SIM di Satpas Polres Purbalingga.-Aditya/Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Polres Purbalingga memfasilitasi pembuatan surat izin mengemudi (SIM), untuk delapan pemohon disabilitas tuna rungu, di Satpas Polres Purbalingga, Senin, 15 Desember 2025.

Sebanyak delapan penyandang disabilitas tuna rungu tersebut, mendapatkan SIM khusus difabel, yakni SIM D, setelah mengikuti rangkaian ujian. Mulai dari AVIS hingga praktek.

Mereka merupakan para penyandang tunarungu dan tunawicara yang tergabung dalam Persatuan Atlet Tunarungu Indonesia (Patrin) Kabupaten Purbalingga.

Kapolres Purbalingga AKBP Achmad Akbar mengatakan, pihaknya sengaja memberikan fasilitasi tersebut, sebagai bentuk optimalisasi pelayanan kepolisian kepada masyarakat yang inklusif terutama bagi penyandang disabilitas.

BACA JUGA:Job Fair Purbalingga 2025 Disambut Antusias 60 Pencaker Penyandang Disabilitas

"Polres Purbalingga memberikan prioritas kepada pemohon SIM disabilitas utamanya tunarungu dan tunawicara," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan pelayanan terbaik untuk penyandang disabilitas terutama tunaa rungu, untuk penerbitan SIM di Satuan Pelayanan Administrasi Lalu Lintas (Satpas) Polres Purbalingga. 

"Diawali dengan pelatihan anggota kami menggunakan bahasa isyarat, diaplikasikan dalam pelayanan di Satpas kami," ujarnya.

Dia mengungkapkan, semua personel di Satpas Polres Purbalingga sudah dibekali kemampuan Bahasa isyarat dasar. Sehingga, bisa melayani penyandang disabilitas dengan baik.

BACA JUGA:UMKM Latih Disabilitas Mengolah Kain Perca Jadi Produk Bernilai

Ketua Patrin Purbalingga, Agung mengapresiasi kinerja Polres Purbalingga dalam memberikan pelayanan kepada anggotanya yang menyandang disabilitas tunarungu.

“Alhamdulillah pelayanannya baik dan cepat. Hingga anggota kami mendapatkan SIM kategori D,” katanya.

Hal ini, lanjutnya, bagi mereka sangat berarti karena mereka bisa dengan lancar menggunakan kendaraan bermotor dalam beraktivitas sehari-hari. (tya)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: