Tek-Tek Sahur, Tradisi Bangunkan Warga Saat Ramadhan di Kejawar

Tek-Tek Sahur, Tradisi Bangunkan Warga Saat Ramadhan di Kejawar

Anak dan remaja Gerumbul Karang Pucung Desa Kejawar jalan kaki keliling lingkungan untuk membangunkan warga untuk sahur, Minggu (17/3/2024) dini hari.-Setya untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tradisi membangunkan sahur keliling masih dilakukan oleh anak dan remaja Gerumbul Karang Pucung, wilayah RW 1 Desa Kejawar Kecamatan Banyumas di bulan Ramadhan 1445 Hijriyah (H).

Anak dan remaja gabungan dari dua RT yaitu 1 dan 2 bangun lebih awal. Sebelum pukul 03.00 dini hari, sudah berjalan kaki keliling lingkungan membangunkan warga yang disebut tek-tek sahur.

"Kegiatan tek-tek sahur ini sangat membantu kami agar bangun, jangan sampai terlelap dan kebablasan tidak sahur," ujar Setya Yuwono, Minggu (17/3/2024).

Anak dan remaja membangunkan warga dengan menabuh peralatan seadanya. Mulai dari memanfaatkan panci bekas, galon, dan kentongan. Speaker aktif dibawa menggunakan gerobak.

BACA JUGA:Sahur di Warung di Jalan Onderan Banyumas Bayar Seikhlasnya

BACA JUGA:Tata Cara Sahur yang Baik dan Benar Sesuai Ajaran Islam, Yuk Pahami Bersama

Meski hanya berbekal peralatan seadanya dalam berkeliling lingkungan, tercipta irama yang sukses membuat warga bangun dari lelapnya tidur untuk sahur.

"Remaja kreatif dan membangunkan warga untuk sahur merupakan kegiatan positif, perlu diapresiasi," imbuh Setya.

Tek-tek sahur tidak hanya rutin untuk membangunkan warga di bulan puasa. Anak-anak usia SD asal Kejawar mewakili sekolahnya juga berpartisipasi ikut lomba tek-tek sahur yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: