Tata Cara Sahur yang Baik dan Benar Sesuai Ajaran Islam, Yuk Pahami Bersama

Tata Cara Sahur yang Baik dan Benar Sesuai Ajaran Islam, Yuk Pahami Bersama

Tata cara sahur yang baik dan benar sesuai ajaran islam-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sahur merupakan salah satu ibadah penting dalam agama Islam, yang dilakukan sebelum terbit fajar sebagai persiapan untuk menjalani puasa sepanjang hari. Sahur bukan hanya sekadar mengisi perut sebelum berpuasa, tetapi juga merupakan kesempatan untuk mendapatkan berkah dan keberkahan dari Allah SWT.

Mengenal Tentang Sahur

Sahur adalah waktu makan dan minum yang dilakukan oleh umat Islam sebelum terbit fajar, sebagai persiapan untuk menjalani puasa sepanjang hari selama bulan Ramadan. Sahur dilakukan sebelum adzan Subuh sebagai bagian dari ibadah puasa, dimulai dari waktu imsak hingga sebelum terbitnya matahari. Ini adalah sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai cara untuk mendapatkan keberkahan dan kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa.

Tata Cara Sahur yang Baik dan Benar

Berikut adalah beberapa tata cara sahur yang baik menurut ajaran Islam agar sahur menjadi berkah:

BACA JUGA:6 Pilihan Menu Sahur Anti Ngantuk yang Bikin Puasamu Lebih Produktif

BACA JUGA:Inilah 6 Cara Bangun Sahur Sendiri Untuk Para Jomblo, Yuk Simak

1. Segera Bangun untuk Sahur

Tata cara sahur yang pertama adalah bangun tepat waktu untuk sahur. Rasulullah SAW bersabda, "Sahurlah kalian karena dalam sahur itu sesungguhnya terdapat berkah." (HR. Bukhari dan Muslim). Oleh karena itu, sebisa mungkin, janganlah menunda-nunda bangun untuk sahur agar dapat merasakan berkahnya.

2. Makan Sahur yang Bergizi

Pilihlah makanan yang mengandung gizi seimbang untuk sahur. Rasulullah SAW menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serta serat agar energi dapat bertahan sepanjang hari. Hindarilah makanan yang terlalu berlemak dan berkalori tinggi yang dapat membuat Anda merasa kenyang secara cepat tetapi energi cepat habis.

3. Berdoa Sebelum dan Sesudah Sahur

Sebelum memulai makan sahur, bacalah doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, seperti doa sebelum makan dan minum. Kemudian, setelah selesai makan, jangan lupa untuk berdoa memohon keberkahan dari Allah SWT atas sahur yang telah diberikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: