Bulan Puasa Car Free Day Alun-Alun Tetap Berjalan

Bulan Puasa Car Free Day Alun-Alun Tetap Berjalan

Masyarakat Banyumas yang tetap ingin berolahraga di Alun-Alun Kota Purwokerto dalam bulan puasa tetap dapat melaksanakan aktivitasnya dengan tidak diliburkannya CFD.-Yudha Iman Primadi/Radar Banyumas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Aktivitas Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan di Alun-Alun Kota Purwokerto, tetap berjalan di hari Minggu pagi selama bulan puasa. Pemkab Banyumas berencana meliburkan aktivitas CFD satu pekan sebelum dan setelah lebaran Idul Fitri.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Arif Akhmadi mengatakan, belum ada rencana meliburkan CFD selama bulan puasa.

Dengan CFD masyarakat dapat terus berolahraga meskipun sedang berpuasa. Berbagai kegiatan ekonomi tetap berjalan karena tidak ada pembatasan aktivitas masyarakat.

"CFD rencana baru akan diliburkan tanggal 7 dan 14 April," katanya.

BACA JUGA:Asiknya Car Free Day di Gor Satria Purwokerto

BACA JUGA:Asik, Car Free Day Ajibarang Dibuka Lagi

Arif menjelaskan, diliburkannya CFD satu pekan sebelum dan sesudah lebaran Idul Fitri dengan pertimbangan personil Dinas Perhubungan di lapangan. Sebab sudah fokus pelayanan dan pengamanan arus mudik dan balik.

Selain itu, dengan tidak adanya CFD juga memperlancar arus lalu lintas di dalam Kota Purwokerto yang meningkat, akibat tingginya aktivitas masyarakat menjelang lebaran Idul Fitri.

"Setelah lebaran memperlancar arus lalu lintas pemudik yang ingin berwisata di Kota Purwokerto," terang dia.

Disinggung terkait CFD di Ajibarang, dirinya tidak mengetahui terkait keberlanjutan CFD tersebut saat ini. Prinsipnya karena tidak dapat dilaksanakan di ruas jalan nasional, maka dari Dinas Perhubungan tidak merekomendasikan CFD di Ajibarang dilaksanakan.

"Di Kabupaten Banyumas hanya dua CFD. Purwokerto dan Ajibarang," pungkas Arif. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: