Terapkan 5 Tips Jitu Ini Untuk Mencegah Bau Mulut Saat Puasa!

Terapkan 5 Tips Jitu Ini Untuk Mencegah Bau Mulut Saat Puasa!

Mencegah Bau Mulut Saat Puasa-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tips mencegah bau mulut saat puasa akan diulas dalam artikel ini. Selain rasa lapar dan haus, aroma tidak sedap dari mulut sering mengganggu orang yang sedang menjalani puasa. Apa sebenarnya yang menjadi penyebab dan bagaimana cara mencegah bau mulut saat puasa?

Bau mulut, atau halitosis, sering menjadi keluhan yang muncul ketika berpuasa. Bau mulut yang tidak sedap saat berpuasa dapat mengurangi rasa percaya diri, terutama saat berinteraksi dengan orang lain. Dampaknya, aktivitas sehari-hari juga dapat terganggu.

Penyebab Bau Mulut saat Berpuasa

Ketika berpuasa, kurangnya makanan yang dikunyah mengakibatkan penurunan produksi air liur. Akibatnya, kondisi mulut menjadi lebih kering, yang dapat menyebabkan bau mulut. 

Air liur penting karena membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menjadi penyebab bau mulut serta mengandung enzim yang melawan bakteri di mulut.

BACA JUGA:6 Bahan Alami Paling Ampuh Untuk Mengatasi Bau Mulut yang Tidak Sedap

BACA JUGA:Bau Mulut Saat Puasa, Begini Cara Antisipasinya

Beberapa studi menunjukkan bahwa bau mulut saat berpuasa juga disebabkan oleh peningkatan konsentrasi senyawa sulfur yang mudah menguap, dikenal sebagai volatile sulfur compound (VSC). Senyawa ini dihasilkan oleh bakteri di mulut serta dalam beberapa makanan seperti bawang putih, dan memiliki aroma yang tidak sedap.

Mencegah Bau Mulut saat Berpuasa

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah bau mulut saat menjalani puasa, antara lain:

1. Rutin menyikat gigi dan lidah

Menyikat gigi minimal dua kali sehari adalah cara efektif untuk menjaga kebersihan mulut, termasuk untuk mencegah bau mulut. Saat berpuasa, disarankan untuk menyikat gigi setelah sahur dan sebelum tidur di malam hari. 

Pastikan untuk membersihkan gigi secara menyeluruh, termasuk sela-selanya. Lidah juga perlu dibersihkan untuk menghilangkan bakteri dan sisa makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: