Bagaimana Menjaga Semangat Bekerja Saat Puasa? Ini 5 Tips Ampuh yang Perlu Anda Terapkan!

Bagaimana Menjaga Semangat Bekerja Saat Puasa? Ini 5 Tips Ampuh yang Perlu Anda Terapkan!

Tips Bekerja Saat Puasa-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bekerja saat puasa memang memiliki tantangan tersendiri. Terutama jika Anda adalah seorang pekerja lapangan atau harus melakukan perjalanan jauh untuk mencapai tempat kerja. 

Agar Anda tetap dapat bekerja dengan semangat dan produktif selama berpuasa, ikutilah 5 tips bekerja saat puasa dalam artikel ini.

Pola makan dan pola tidur akan mengalami perubahan saat menjalani puasa Ramadan. Makanan dan minuman hanya dapat dikonsumsi pada waktu dini hari saat sahur dan pada malam hari setelah berbuka puasa, sehingga waktu tidur mungkin akan berkurang.

Jika pola makan tidak dikelola dengan baik, terutama jika Anda masih harus bekerja pada pagi hingga sore hari, puasa yang Anda lakukan dapat menimbulkan sejumlah masalah seperti sakit kepala, sulit berkonsentrasi, kelelahan, gangguan tidur, perubahan mood yang tidak stabil, dan masalah pencernaan. Akibatnya, selain ibadah puasa Anda menjadi tidak nyaman, kinerja kerja Anda juga dapat terganggu.

BACA JUGA:7 Cara Meningkatkan Semangat Bekerja di Bulan Puasa, Tidur yang Cukup

BACA JUGA:6 Strategi Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Tips Bekerja Saat Puasa

Agar tetap produktif dan bertenaga saat menjalani puasa, terapkan langkah-langkah berikut ini:

1. Jangan Lewatkan Sahur

Tips bekerja saat puasa yang pertama yaitu jangan lewatkan sahur, Sahur dengan makanan yang seimbang penting untuk menjaga energi saat bekerja di siang hari. 

Pilihn menu sahur yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat seperti sayuran, buah-buahan, roti gandum, beras merah, atau telur.

Hindari makanan asin dan berlemak berlebihan saat sahur karena dapat menyebabkan dehidrasi, mulut kering, dan kelelahan di siang hari.

BACA JUGA:Minum Teh Saat Sahur, 5 Alasan Mengapa Hal Ini Sebaiknya Ditinggalkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: