Kembali Raih Adipura DLH Tidak Mau Terlena, Tahun Depan Incar Adipura Kencana

Kembali Raih Adipura DLH Tidak Mau Terlena, Tahun Depan Incar Adipura Kencana

RAIH ADIPURA. Kepala DLH Kabupaten Banyumas Widodo Sugiri (tengah, pegang piala) berfoto bersama usai menerima penghargaan Adipura tahun 2023 beberapa waktu lalu. -HUMAS PEMKAB BANYUMAS UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyumas tidak mau terlena, meski baru saja mendapatkan penghargaan adipura  yang ke - 8 secara berurut turut sejak tahun 2014 untuk kategori kota sedang.

Tahun depan, Pemkab Banyumas mentargetkan bisa meraih adipura kencana, yang merupakan penghargaan tertinggi bagi kabupaten atau kota di Indonesia, yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup.

"Seharusnya tahun ini kita mendapatkan Adipura yg ke 10, akan tetapi karena adanya covid 19 penghargaan Adipura tahun 2020 dan 2021 ditiadakan," kata Kepala DLH Kabupaten Banyumas Widodo Sugiri. 

BACA JUGA:Tiga Wilayah di Cilacap Dipersiapkan Sebagai Lahan Tananam Biomassa

Dia menjelaskan, adipura sendiri merupakan  penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup RI kepada kabupaten atau kota yang dinilai mampu dalam pengelolaan sampah dan pengelolaan lingkungan hidup untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. 

"Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas, termasuk salah satu kota di Indonesia yang mampu mengelola sampah nya dan pengelolaan lingkungan hidup termasuk pengelolaan ruang terbuka hijau," ujarnya. 

Menurutnya, raihan adipura yang didapat secara berturut-turut ini tidak semua kabupaten atau kota bisa melakukan seperti Banyumas. Adipura dapat diraih oleh Kabupaten Banyumas, karena adanya partisipasi dan keterlibatan seluruh elemen pemerintah, masyarakat dan swasta yang telah mewujudkan Kota Purwokerto menjadi kota bersih, hijau , indah berkelanjutan.

BACA JUGA:Disdukcapil Cilacap Lakukan Percepatan IKD

"Kami ucapkan terimakasih kepada Bupati Banyumas, seluruh DPRD Kabupaten Banyumas, Forkompinda atas kepemimpinan dalam mendorong dan komitmennya dalam mewujudkan kota Purwokerto kota Adipura, Seluruh OPD yang ikut andil dan terkoordinasi dengan baik. Seluruh kelompok swadaya masyarakat pengelola sampah, kelompok bank sampah dan seluruh komunitas penggiat lingkungan hidup kabupaten Banyumas, seluruh lapisan masyarakat atas kepedulian nya dalam pengelolaan sampah dan lingkungan, seluruh BUMD, BUMN , swasta yang ada di Banyumas bantuan dorongannya dalam berbagai bentuk bantuan untuk mewujudkan Kota Purwokerto kota Adipura," jelasnya. 

Lanjut, ia menjelaskan penilaian adipura dilakukan di fasilitas pengelolaan , sampah, instansi pendidikan (sekolah) instansi pemerintah (perkantoran) , pusat transfortasi, pusat kegiatan perekonomian (pasar), fasilitas kesehatan masyarakat, fasilitas umum dan sosial, ruang terbuka hijau dan perairan terbuka. 

"Target tahun depan kita ingin meraih adipura kencana," ujarnya. 

BACA JUGA:Pailit, Gedung Eks Moro Purwokerto Dilelang Sebesar Rp 279 Miliar

Soal itu, pihaknya sudah melakukan beberapa evaluasi. Menurutnya dalam penilaian adipura kencana dititik beratkan pada keterlibatan masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan. 

"Kita sudah melibatkan masyarakat secara langsung. Ada dari KSM, wilayah, dan masyarakat, Harus kita review lagi. Target kita adipura kencana. Yang sudah dapat adipura kencana itu adalah  Surabaya, Balikpapan, Kota sedang Bontang," pungkasnya (aam).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: