Tips Barang Aman saat Rumah Terendam Banjir

Tips Barang Aman saat Rumah Terendam Banjir

Beberapa Tips Barang Aman saat Rumah Terendam Banjir-Republika-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Hujan lebat dan banjir kembali menjadi momok yang mengancam sejumlah daerah di Indonesia. Dalam menghadapi ancaman ini, langkah antisipasi menjadi kunci untuk melindungi barang-barang berharga di rumah dari kerusakan akibat terendam banjir. 

Dengan melakukan beberapa langkah pencegahan yang tepat, kita dapat meminimalkan dampak buruk yang mungkin timbul. Berikut adalah beberapa tips antisipasi yang dapat Anda terapkan untuk menjaga barang-barang saat rumah terendam banjir:

1. Mengamankan dokumen penting

Ketika musim hujan tiba, risiko banjir selalu mengintai, mengancam keamanan barang-barang berharga di dalam rumah. Salah satu langkah penting dalam mengantisipasi banjir adalah dengan mengamankan dokumen-dokumen penting seperti ijazah, surat kepemilikan, akta kelahiran, surat keterangan, dan lain sebagainya.

Langkah pertama adalah mengidentifikasi dokumen-dokumen penting yang perlu diamankan. Buatlah daftar lengkap dokumen-dokumen tersebut dan pastikan Anda mengetahui di mana mereka disimpan.

BACA JUGA:Banjir Datang? Ini Dia Cara Menjaga Kesehatan Anda dan Keluarga

BACA JUGA:Banjir Luapan Genangi Dua Kelurahan di Purwokerto

Setelah dokumen-dokumen penting diidentifikasi, selanjutnya adalah menyimpannya dalam wadah yang kedap air. Gunakanlah plastik tahan air atau kantong plastik kedap udara untuk melindungi dokumen-dokumen tersebut dari paparan air banjir.

Pilihlah tempat penyimpanan yang aman dan terlindung dari risiko terendam banjir. Hindari meletakkan dokumen-dokumen di lantai atau di tempat yang rentan terkena air. Simpanlah dokumen-dokumen penting ini di tempat yang tinggi atau di rak yang terbuat dari bahan tahan air.

Selain menyimpan dokumen-dokumen asli, disarankan juga untuk membuat salinan cadangan dari dokumen-dokumen penting tersebut. Salinan cadangan ini dapat disimpan di tempat yang berbeda dengan dokumen asli, seperti di brankas atau di rumah kerabat yang aman dari risiko banjir.

Pastikan untuk secara berkala memeriksa kondisi dokumen-dokumen penting Anda dan memperbaharuinya jika diperlukan. Perubahan kondisi cuaca dan lingkungan dapat memengaruhi kualitas penyimpanan dokumen, oleh karena itu periksa dan perbaharui secara rutin.

2. Mengamankan barang elektronik

Selain dokumen-dokumen penting, barang elektronik seperti kulkas, televisi, mesin cuci, dan peralatan lainnya juga rentan terhadap kerusakan akibat terendam banjir. Selain itu, risiko korsleting listrik juga dapat meningkat saat barang-barang elektronik terkena air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: