Banjir Luapan Genangi Dua Kelurahan di Purwokerto

Banjir Luapan Genangi Dua Kelurahan di Purwokerto

Warga saat menunjukkan tingginya permukaan air yang merendam wilayah kelurahan Rejasari akibat banjir luapan, Minggu (25/2/2024). -BPBD BANYUMAS UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Hujan dengan intensitas tinggi lebih dari 3 jam menyebabkan terjadinya banjir luapan yang menggenangi dua kelurahan di Kecamatan PURWOKERTO Barat Kabupaten Banyumas, Minggu (25/2/2024) kemarin.

Banjir luapan tersebut menggenangi pemukiman warga di Rt 3 Rw 4 Kelurahan Karanglewas Lor, Rt 1 Rw 4 dan Rt 1 Rw 9 Kelurahan Rejasari Kecamatan Purwokerto Barat. 

Kepala Pelaksana BPBD Banyumas, Budi Nugroho mengatakan, terjadinya banjir luapan tersebut disebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi kurang lebih 3 jam

BACA JUGA:Harga Beras Melambung, Ini Upaya Pemkab Cilacap

"Kemudian lokasi sungai lebih tinggi dari pada pemukiman, dan debit air yang besar," katanya, Senin (26/2/2024). 

Dijelaskan, luapan sungai tersebut terjadi karena irigasi yang kecil.

"Tanggul irigasi sudah di naikan 30 cm tapi tetap meluap jika debit airnya besar, dan untuk kondisi saat ini sungai sudah surut dan tidak ada yang menggenang lagi," jelasnya. 

BACA JUGA:Akses Jalan Menuju Tempat Wisata di Kecamatan Binangun Rusak

Menurutnya, akibat kejadian itu menyebabkan banjir luapan setinggi kurang lebih 50 centimeter. 

"Banjir hanya merendam depan rumah warga, dan untuk banjir yang masuk yang kedalam rumah, hanya satu rumah yang terdampak yaitu di Rt 1 Rw 9," bebernya. 

Pemilik rumah yang terdampak tersebut yaitu Daryati (50), dan pada Minggu (25/2/2024) malam telah mengungsi kerumah keluarganya. 

BACA JUGA:Puluhan Knalpot Tidak Sesuai Standar Ditertibkan, Wujudkan Situasi Aman Paska Pemilu

Sementara itu, selain banjir luapan, akibat cuaca ekstrem kemarin juga mengakibatkan terjadinya pohon tumbang di tiga titik di Kecamatan Cilongok. 

Pohon tumbang terjadi Desa Jatisaba (SDN 2 Jatisaba ) Kecamatan Cilongok, Desa Panusupan Rt 6 Rw 6 Cilongok, serta Desa Panusupan Rt 4 Rw 2 Cilongok. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: