Penggilingan Padi Klomtan Bojongsari Terbakar, 3 Ton Gabah Terdampak

Penggilingan Padi Klomtan Bojongsari Terbakar, 3 Ton Gabah Terdampak

Terbakar : Petugas pemadam saat bekerja mengendalikan kebakaran.-BPBD Purbalingga untuk Radarmas -

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kebakaran kembali melanda di penghujung Februari ini. Kali ini menimpa sebuah selipan atau penggilingan gabah milik kelompok tani (klomtan) Tirta Mijil Dusun Banyumudal Desa/Kecamatan Bojongsari, Kamis 29 Februari 2024 siang.

Plt Kabid Damkar dan Penyelamatan Sat Pol PP Purbalingga, Arif Wahyudi DN SH menjelaskan, bangunan permanen itu terbakar di mesin pengeringnya. Sehingga gabah yang sedang di olah dan dipersiapkan ikut terdampak.

"Kisaran 2 kuintal ikut terbakar dan sisanya kurang lebih 3 ton ikut basah, karena terkena air saat pemadaman oleh kendaraan Pemadam Kebakaran Purbalingga," katanya.

Api dapat dikendalikan hampir dua jam. Pengelola selipan Ristomo menjelaskan kepada petugas jika mesin pengering saat kejadian suhunya melebihi kapasitas.

 BACA JUGA:Kebakaran Rumah di Desa Selakambang, Satu Orang Ditemukan Meninggal Dunia

"Dampaknya atau kerugian adalah gabah kering giling 3 Ton dikalikan Rp 9000 Per Kg. Kemudian kerusakan mesin blower Rp 15 Juta," rincinya.

"Tak ada kerugian jiwa dalam kejadian itu. Kondisi objek kebakaran masih bisa terselamatkan 95 persen. Karena segera ditangani," tegasnya.

Ia juga mengingatkan, saat ini diperlukan gerak cepat dan dukungan warga. Agar dampak kebakaran tidak parah. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: