Tahun Ini LPJU Dianggarkan Rp 2,2 M

Tahun Ini LPJU Dianggarkan Rp 2,2 M

Perbaikan : Petugas Dinhub Purbalingga saat perbaikan LPJU di wilayah Padamara.-Amarullah Nurcahyo/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Purbalingga yang sebagai dinas yang mengelola lampu penerangan jalan umum (LPJU), telah menganggarkan Rp 2,2 Miliar di tahun 2024 untuk sub kegiatan Pembangunan Prasarana jalan berupa pemasangan LPJU.

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Purbalingga, Kuret Suratno, Selasa 20 Februari 2024 menjelaskan, total sampai saat ini, jumlah LPJU yang menjadi kewenangan Dinhub ada kisaran 6.000 unit.

"Jika direalisasikan bisa untuk estimasi 170 unit/titik LPJU di Kabupaten Purbalingga," katanya.

Pihaknya juga mengungkapkan, bertambahnya jumlah LPJU, penyebab kerusakan masih sama. Sehari penanganan lampu jalan karena padam ada kisaran 15 unit tersebar di berbagai titik.

BACA JUGA:Pemeliharaan LPJU di Purbalingga Setahun Telan Rp 837 Juta

"Penghujan cukup mendominasi sebagai penyebab padamnya lampu jalan. Karena ada konsleting di aliran listrik LPJU," tambahnya.

Penyebab lain tak hanya penghujan yaitu masih ada pencurian salah satu peralatan LPJU. Misalnya konektor atau penyambung arus ke lampu.

“Karenanya, kami terus cek dan monitor kondisi LPJU setiap malam,” rincinya.

Lebih lanjut dikatakan, jika musim penghujan ini, tiap hari ada yang diperbaiki. Bahkan laporan kerusakan LPJU mencapai belasan titik dalam sehari. LPJU yang mudah rusak saat hujan biasanya karena sudah usang dan mudah terkontaminasi air hujan. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: