Menjelajahi Warisan Sejarah Bangsa di Museum Jenderal Soedirman Purwokerto

Menjelajahi Warisan Sejarah Bangsa di Museum Jenderal Soedirman Purwokerto

Museum Jenderal Soedirman Purwokerto-Instagram @farhan_drone-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jika Anda berkunjung ke Purwokerto, salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan adalah Museum Jenderal Soedirman Purwokerto. 

Museum tersebut merupakan salah satu dari tiga museum yang ada di kota tersebut yang memuat kisah sejarah Panglima Besar Jenderal Soedirman. Museum ini terletak sekitar 3 kilometer ke arah barat pusat kota Purwokerto, tepatnya di sebelah timur Sungai Logawa.

Pembangunan museum dimulai pada tahun 1976 dan diresmikan oleh wakil Panglima Angkatan Bersenjata, Jenderal Soerono, pada 21 Maret 1977. Tujuan didirikannya museum ini adalah untuk memperingati jasa perjuangan Jenderal Soedirman.

Bangunan museum ini memiliki dua lantai. Begitu memasuki lantai pertama museum, pengunjung disambut dengan 22 diorama yang menggambarkan perjalanan hidup Jenderal Soedirman. 

BACA JUGA:Museum BRI, Wisata Sejarah dan Edukasi di Purwokerto yang Ada di Pusat Kota

BACA JUGA:Yuk Kunjungi Museum Wayang Sendang Mas Banyumas

Melalui diorama-diorama ini, pengunjung dapat menyaksikan rentetan peristiwa yang membentuk perjalanan hidup dan perjuangan beliau untuk kemerdekaan bangsa. Tidak hanya itu, berbagai dokumentasi berupa foto-foto perjuangan juga dipamerkan, menambah kedalaman dan keautentikan pengalaman pengunjung.

Salah satu hal menarik di lantai ini adalah duplikat tandu yang digunakan Jenderal Soedirman saat sakit dalam memimpin perang gerilya. Kehadiran tandu tersebut menjadi simbol keberanian dan keteguhan hati Jenderal Soedirman dalam memimpin pasukannya, serta menginspirasi pengunjung untuk menghargai jasa dan pengorbanannya.

Bergerak ke lantai kedua, pengunjung akan disuguhi dengan berbagai artefak bersejarah yang menggambarkan periode penting dalam sejarah Indonesia. Patung Jenderal Soedirman yang menunggang kuda menjadi pemandangan yang mengesankan, menggambarkan kegagahan dan keberanian beliau dalam memimpin perjuangan.

Selain itu, pengunjung juga dapat menemukan relief sejarah Indonesia pada masa perang kemerdekaan 1945. Salah satunya adalah relief yang menggambarkan penaklukan kembali Yogyakarta sebagai ibukota Indonesia, peristiwa bersejarah yang menandai keberhasilan perjuangan bangsa.

BACA JUGA:Eksplorasi Museum Wayang Banyumas

BACA JUGA:Inilah Fakta Museum Kretek yang Menjadi Lokasi Syuting Gadis Kretek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: