Yuk Kunjungi Museum Wayang Sendang Mas Banyumas

Yuk Kunjungi Museum Wayang Sendang Mas Banyumas

Informasi mengenai Museum Wayang Sendang Mas Banyumas terlengkap dan terbaru.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Museum Wayang Banyumas atau lebih dikenal dengan nama Sendang Mas merupakan kebanggaan warga Banyumas. Museum ini dibangun pada tahun 1982. 

Nama Sendang Mas merupakan kependekan dari Pertunjukan Wayang Banyumas. Dahulu banyak dalang dari Banyumas dan sekitarnya yang menempati salah satu bangunan bernama Pendopo Pasbian. 

Museum ini juga merupakan objek wisata edukasi dan sejarah yang wajib dikunjungi jika kamu berkunjung ke Banyumas. Museum Wayang Banyumas didirikan pada tanggal 31 Desember 1983 oleh Ketua Senawangi (Sekretariat Nasional Wayang Indonesia). 

Banyak kendala yang dihadapi pihak yayasan hingga museum tersebut diserahkan kepada Dinas Pariwisata Dinporabdopar Banyumas. Berikut dibawah ini adalah informasi mengenai Museum Wayang Sendang Mas Banyumas terlengkap dan terbaru.

BACA JUGA:Deretan Rekomendasi Tempat Sewa Kebaya di Banyumas

BACA JUGA:Alamat dan Nomor Telepon Penting Banyumas untuk Layanan Penduduk yang Harus Kamu Simpan

Museum Wayang Sendang Mas Banyumas berlokasi di Jalan Budi Utomo No 1, Banyumas, Sudagaran, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Jam operasional Museum Wayang Sendang Mas Banyumas yaitu buka dari hari Senin sampai Sabtu dari jam 7 pagi sampai jam 1 siang, Jumat dari jam 7 pagi sampai 11:30 pagi, dan hari Minggu dan hari Libur nasional tutup.

Untuk harga tiket masuk dari Museum Wayang Sendang Mas Banyumas ini yaitu pengunjung hanya perlu membawa tiket masuk senilai Rp 1 ribu untuk menikmati koleksi museum.

Koleksi milik Museum Wayang Sendang Mas Banyumas ada antara lain Wayang Kulit Phulwa, Wayang Kulit Bebel, Wayang Gedog, Wayang Kurusil, Wayang Potehi, Wayang Santori, Wayang Golek, Wayang Sulu, Wayang Kaca atau Wayang Suket.

Koleksi non wayang meliputi peralatan gamelan, alat pembuatan wayang antik, pusaka, dan barang antik. Barang antik yang sangat menarik antara lain kaca antik, koin, batu nisan, dll. Ada juga Tisan Aji, perpustakaan dan buku arkeologi yang banyak memamerkan artefak perkakas batu dan kayu.

Itulah dia informasi mengenai Museum Wayang Sendang Mas Banyumas terlengkap dan terbaru. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: