Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Wilayah Cilacap

Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Wilayah Cilacap

Cuaca mendung menyelimuti wilayah Kecamatan Kroya.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan adanya cuaca ekstrem di wilayah Jawa Tengah selama tiga hari kedepan yakni tanggal 19 Februari - 21 Februari 2024.

Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan menjelaskan, masyarakat perlu mewaspadai angin kencang, kilatan petir, hingga banjir dan tanah longsor.

"Ada beberapa wilayah potensi Cilacap bagian barat dan bagian utara seperti di Kawunganten, Majenang, Sidareja, Gandrungmangu, Kedungreja, Dayeuhluhur, Wanareja dan sekitarnya," kata dia.

Dikatakan Rendi, saat ini terdapat aktivitas Monsun Asia berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator.

BACA JUGA:37 Desa di Cilacap Jadi Prioritas Penanganan Kemiskinan Ekstrem 2024

BACA JUGA:Sinkronisasi Data, Proses Penghitungan Suara di Cilacap Dihentikan Sementara

"Kondisi diatas menyebabkan peningkatan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang - lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang," kata dia.

Selain itu, daerah konvergensi dan belokan angin terpantau di sekitar Jawa Tengah dan labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jawa Tengah yang berpotensi terjadi hujan deras.

"Jika langit mulai mendung gelap dan disertai petir sebaiknya dihindari karena dikhawatirkan mengakibatkan bahaya sambaran petir," kata dia. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: