Masak Air Ditungku Kayu, Dapur Rumah Warga di Banjarnegara Terbakar

Masak Air Ditungku Kayu, Dapur Rumah Warga di Banjarnegara Terbakar

Petugas Damkar saat melakukan penanganan dan pendinginan rumah warga yang terbakar. -Damkar Purwanegara Untuk Radarmas-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Rumah milik Towiyah (65) di Desa Gumiwang Prapas, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara, terbakar pada Jumat (16/2/2024) pukul 04.35 WIB.

Petugas Damkar, Norma Sendi dalam laporannya menyebutkan, musibah terjadi saat Subuh. Kala itu pemilik rumah yakni Towiyah pada pukul 04.25 WIB memasak air di tungku kayu bakar atau pawon. Towiyah memasak air untuk minum. Pukul 04.30 WIB, Towiyah ke musala untuk menjalankan salat Subuh. Saat dia ke musala untuk salat Subuh, api di tungku masih menyala. 

“Sekitar pukul 04.35 WIB, api membesar dan menyambar kayu bakar yang ada di samping tungku. Api juga membakar tembok kayu dapur hingga ke atap dapur,” kata Norma.

Ada warga sekitar yang melihat api membesar melalap sebagian rumah Towiyah. Warga langsung teriak minta tolong. Kemudian ada warga lain yang menghubungi Pos Damkar Purwanegara untuk meminta pertolongan.

BACA JUGA:Bagi Pecinta Durian, Telah Lahir Durian Musangking Pelangi di Banjarnegara

BACA JUGA:10 Rumah di Banjarnegara Hancur Rata dengan Tanah Akibat Tanah Gerak, 14 Rumah Lainnya Membahayakan

Kemudian Pos Damkar Purwanegara yang mendapatkan laporan tersebut langsung bergerak menuju tempat kejadian perkara (TKP). 

"Tim Damkar Purwanegara membutuhkan waktu 5 menit untuk menuju TKP. Jarak Pos Damkar Purwanegara dengan TKP kisaran 5,9 Km," ungkapnya. 

Untuk menjangkau TKP, ada beberapa halangan bagi tim damkar. Misalnya gang yang sempit dan banyaknya tanggul sepanjang jalan prapas sampai lokasi. Namun, pada akhirnya semua halangan bisa dilewati.

"Sesampai di TKP, tim damkar melakukan penanganan dan pendinginan. Dalam penanganan kebakaran, tim damkar mendapatkan bantuan dari personel Polsek Purwanegara dan warga setempat. Selain itu juga melakukan asesmen. Setelah semua tuntas, tim damkar berkemas untuk kembali ke markas," ujarnya. 

Dari kebakaran tersebut, tak ada korban jiwa. Bagian rumah Towiyah yang terbakar sekitar 30 persen area dapur. Sementara untuk ruang utama rumah Towiyah aman dari terjangan api. Rumah warga sekitar juga tidak kena api. (jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: