Tips Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Tips Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Beberapa tips merawat sepeda motor yang bisa Anda lakukan saat musim hujan.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Di awal musim hujan, pengendara sepeda motor perlu ekstra hati-hati. Keasaman air hujan dapat menimbulkan karat dan merusak banyak bagian sepeda motor Anda.

Untuk merawat sepeda di musim hujan, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti, mulai dari sering mencuci sepeda setelah terkena air hujan hingga memeriksa berbagai komponennya, seperti busi dan rantai. 

Tips Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Di bawah ini adalah beberapa tips merawat sepeda motor yang bisa Anda lakukan saat musim hujan:

BACA JUGA:Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik

BACA JUGA:Cara Merawat Motor Antik Agar Tetap Awet

1. Sering Mencuci Sepeda Motor Setelah Terkena Air Hujan

Wajib mencuci sepeda motor setelah terkena air hujan untuk menghilangkan kandungan asam di dalam sepeda motor. Selain itu, setelah dicuci, hilangkan kotoran akibat hujan dan kotoran lainnya.

Banyak orang yang menganggap mencuci sepeda motor setelah hujan hanya membuang-buang waktu, apalagi saat musim hujan, karena besok akan turun hujan lagi. Hal ini berbahaya karena bagian baja sepeda motor Anda dapat berkarat dan rapuh sehingga menyebabkannya cepat rusak.

2. Periksa Permukaan Ban dan Tekanan Udara

BACA JUGA:Risiko Motor Jarang Dicuci

 

BACA JUGA:Kebiasaan yang Salah Saat Memanaskan Sepeda Motor

Ban sepeda motor yang udaranya terlalu sedikit akan cepat bocor jika sering terkena genangan air. Selain itu, meski menggunakan ban lunak, sepeda motor bisa menjadi licin dan sulit dikendalikan saat hujan. Oleh karena itu, periksalah kondisi ban sepeda motor Anda dan pastikan selalu dalam kondisi prima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: