Jangan Abaikan! Ini 5 Bahaya Tidur dengan Softlens yang Perlu Anda Pahami!

Jangan Abaikan! Ini 5 Bahaya Tidur dengan Softlens yang Perlu Anda Pahami!

Tidur Memakai Softlens-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Setelah beraktivitas sepanjang hari, penting untuk mengingatkan diri agar melepas softlens sebelum tidur. Kebiasaan tidur memakai softlens bisa mengakibatkan masalah serius pada mata, seperti iritasi, luka, bahkan infeksi.

Meski membantu penglihatan, softlens atau lensa kontak juga digunakan untuk penampilan. Ada berbagai jenis dan jangka waktu pemakaian, mulai dari sekali pakai hingga berbulan-bulan.

Tetapi, apapun jenisnya, penting untuk selalu melepas lensa kontak sebelum tidur. Kelalaian dalam perawatan lensa kontak dapat merugikan kesehatan mata, jadi jangan sampai terabaikan!

5 Bahaya Tidur dengan Softlens yang Perlu Anda Pahami

Pengguna softlens memiliki risiko tinggi terhadap gangguan mata jika tidak menjaga kebiasaan perawatan yang benar. Bahkan tidur memakai softlens dapat menimbulkan masalah serius.

BACA JUGA:Begini Cara Merawat Softlens yang Benar Agar Kebersihannya Tetap Terjaga

BACA JUGA:5 Penyebab Utama Mata Kedutan, Apakah Berbahaya?

Berikut beberapa bahaya tidur memakai softlens yang perlu dipahami:

1. Mata Merah dan Iritasi

Tidur memakai softlens dapat mengakibatkan mata menjadi merah dan mengalami iritasi yang tidak nyaman. Selain itu, mata juga mungkin akan terasa nyeri, gatal, bahkan mengalami pembengkakan, serta menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. 

Hal ini menunjukkan bahwa tidur memakai softlens dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan mata. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari kebiasaan ini guna menjaga kesehatan dan kenyamanan mata Anda.

2. Kekurangan Oksigen

Jika softlens digunakan dalam waktu yang terlalu lama, hal tersebut dapat mengakibatkan terhambatnya pasokan oksigen ke kornea. Akibatnya, kornea menjadi kurang mendapat oksigen yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: