Inilah Penyebab Telinga Panas yang Harus Anda Ketahui dari Sudut Medis!

Inilah Penyebab Telinga Panas yang Harus Anda Ketahui dari Sudut Medis!

Penyebab Telinga Panas-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Telinga yang mengalami rasa panas dapat dialami oleh siapa pun dan umumnya disebabkan oleh hal yang tidak serius. Walaupun begitu, ada beberapa kondisi penyakit yang juga bisa menjadi penyebab telinga panas ini, sehingga perlu diperhatikan untuk pengobatannya.

Menurut kepercayaan atau mitos dari orang tua, telinga panas dianggap sebagai pertanda bahwa ada seseorang yang sedang membicarakan kita. Namun, dari perspektif ilmu kedokteran, ada banyak faktor penyebab telinga panas. Apa saja faktor-faktor tersebut? 

Inilah Penyebab Telinga Panas yang Harus Anda Ketahui dari Sudut Medis!

Di bawah ini merupakan beberapa penyebab telinga panas yang perlu Anda pahami lebih lanjut:

1. Kondisi Emosional

Telinga dapat menjadi panas ketika Anda sedang merasa marah, malu, atau cemas. Sensasi ini biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah kondisi emosi kembali stabil.

BACA JUGA:Cara Menjaga Kesehatan Telinga

BACA JUGA:Waduh! Membersihkan Telinga Menggunakan Cotton Bud Berbahaya, Ini Penjelasannya

2. Perubahan Suhu Lingkungan

Apabila kita berada di lingkungan dengan suhu yang sangat dingin, tidak hanya telinga, tetapi juga pipi dan hidung bisa menjadi panas. Hal ini adalah respon tubuh untuk beradaptasi dengan suhu sekitarnya.

Ketika kondisi ini terjadi, pembuluh darah akan menyempit, sehingga aliran darah ke permukaan tubuh terhambat (vasokonstriksi). Dampaknya, telinga akan terasa panas dan mungkin tampak memerah. Untuk mengatasi hal ini, penggunaan penutup telinga dapat membantu.

3. Paparan Sinar Matahari

Telinga yang terkena paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan rasa panas. Selain sensasi panas, telinga yang terpapar sinar matahari juga dapat berubah warna menjadi merah dan mengalami pengelupasan kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: