Dosis Olahraga yang Tepat untuk Kesehatan Tubuh

Dosis Olahraga yang Tepat untuk Kesehatan Tubuh

Dosis Olahraga yang Tepat untuk Kesehatan Tubuh-Hello Sehat -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Olahraga bukanlah sekadar aktivitas fisik, tetapi juga merupakan kunci untuk menjaga kesehatan optimal. Meskipun manfaatnya telah diketahui luas, banyak orang cenderung salah dalam memahami seberapa banyak olahraga yang sebenarnya dibutuhkan.

Seperti halnya penggunaan obat-obatan, olahraga juga memerlukan dosis yang tepat agar memberikan manfaat yang optimal. Berolahraga dalam jumlah yang tidak mencukupi atau berlebihan dapat berdampak buruk pada tubuh.

Dengan memperhatikan dosis olahraga yang tepat, Anda dapat meraih manfaat kesehatan optimal tanpa membahayakan tubuh Anda. Berikut adalah penjelasan dosis olahraga yan tepat bagi kesehatan:

Dosis Olahraga yang Tepat

Olahraga adalah kunci utama untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Namun, penting bagi setiap individu untuk memahami dosis olahraga yang tepat guna mencapai kesehatan optimal.

BACA JUGA:Olahraga untuk Membuat Otot Betis Semakin Kuat

BACA JUGA:Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dilakukan Untuk Membuat Lengan Menjadi Kencang

Menurut saran dari Department of Health and Human Services, disarankan untuk melakukan aktivitas aerobik sedang selama setidaknya 150 menit dalam seminggu, atau aerobik kuat selama setidaknya 75 menit dalam seminggu. Aktivitas aerobik meliputi berjalan cepat, berenang, lari dan senam aerobik.

Selain aktivitas aerobik, latihan kekuatan juga penting untuk menjaga kesehatan otot. Disarankan untuk melakukan latihan kekuatan untuk semua kelompok otot setidaknya dua kali dalam seminggu. Latihan kekuatan bisa berupa mendayung, naik turun tangga, atau panjat tebing.

Untuk mempertahankan kesehatan tubuh, disarankan untuk melakukan olahraga selama setidaknya 30 menit setiap hari. Namun, jika memiliki tujuan khusus seperti menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal, diperlukan dosis olahraga yang lebih tinggi, bahkan hingga 300 menit dalam satu minggu.

1. Dosis Olahraga Berat Badan Normal

Olahraga adalah kunci untuk mencapai kesehatan optimal, bahkan bagi individu dengan berat badan normal. Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), disarankan untuk tetap berolahraga secara teratur, meskipun berat badan sudah dalam kisaran normal.

BACA JUGA:Rekomendasi Olahraga yang Bisa Meningkatkan Fokus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: