Nyalakan Lilin Saat Mati Lampu, Sebuah Rumah di Cilongok Ludes Terbakar

Nyalakan Lilin Saat Mati Lampu, Sebuah Rumah di Cilongok Ludes Terbakar

Polisi saat mengecek kondisi rumah korban usai terbakar akibat lilin yang dinyalakan saat mati lampu, Selasa (6/2/2024) dini hari-AHMAD ERWIN/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebuah rumah hangus terbakar di Rt 4 Rw 7 Desa Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas, Senin (5/2/2024) pukul 23.00 WIB malam. 

Rumah milik Muchtarom (81) warga Desa Langgongsari tersebut, mengalami kebakaran lantaran api yang diduga berasal dari lilin yang dinyalakan saat listrik mati (mati lampu) di wilayah tersebut. 

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu melalui, Kapolsek Cilongok AKP Haryanto mengatakan, kebakaran terjadi karena api lilin yang menyambar stop kontak listrik. 

BACA JUGA:Korban Tanah Longsor di Cimanggu, Cilacap Ditemukan dalam Keadaan Meninggal Dunia

"Hasil penyelidikan awal dari keterangan korban dan saksi-saksi, kebakaran terjadi diduga dari api lilin yang menyambar stop kontak listrik," ungkap Kapolsek, Selasa (6/2/2024). 

Dijelaskan, kebakaran bermula saat kedua anak korban yaitu Ircham Fuadi (18) sedang menyalakan lilin karena saat itu sedang mati lampu. 

"Lilin tersebut ditaruh di dekat jendela rumah yang berdekatan dengan stop kontak listrik dan penutup jendela tersebut dari triplek atau kayu," lanjut Kapolsek. 

BACA JUGA:Sayap Bendung Lebeng Ambrol Ditangani Darurat, Mendesak Perbaikan Permanen

Dan setelah pukul 21.00 WIB, Ircham keluar rumah dan tidak menunggui atau mematikan lilin tersebut. 

"Kemudian sekitar pukul 23.WIB,  Yulia Ainun (24) kakak Ircham pulang dari tempat bekerja dan masuk ke rumah, kemudian dipanggil oleh korban, karena korban mendengar ada suara seperti percikan listrik dari kamar Icrham," jelasnya. 

Dan setelah Yulia mengecek kamar adiknya, Ia terkejut lantaran melihat api dari sebelah pojok kamar sudah membesar. 

BACA JUGA:Longsor di Desa Sirau, Distribusi Logistik Pemilu 2024 Terancam Terhambat

"Lalu Ia berteriak meminta tolong kepada warga dan sambil menyelamatkan korban yang berada di kamar," terangnya. 

Warga yang kemudian mendapati kejadian itu, langsung bersama-sama untuk bergerak memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: