Korban Tanah Longsor di Cimanggu, Cilacap Ditemukan dalam Keadaan Meninggal Dunia

Korban Tanah Longsor di Cimanggu, Cilacap Ditemukan dalam Keadaan Meninggal Dunia

Langkah Mitigasi Bencana Tanah Longsor -Basarnas Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bencana tanah longsor di Dusun Garawangi, Desa Cijati, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten CILACAP, merenggut satu korban jiwa, Selasa (6/2/2024).

Casinah (62), ditemukan meninggal dunia usai dilakukan pencarian oleh Tim SAR Gabungan akibat tertimbun material longsor. 

"Tanah longsor ini disebabkan karena hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut beberapa hari ini. Tepatnya kemarin hari Senin, longsor menimpa rumah korban," kata Adah Sudarsa, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap. 

Sebelumnya, Basarnas Cilacap mendapatkan informasi tersebut pada Senin (5/1/2024) pukul 18.40 WIB. Usai mendapatkan informasi tersebut, pihaknya langsung memberangkatkan satu regu dari Unit Siaga SAR Banyumas menuju lokasi kejadian.

BACA JUGA:Puluhan Rumah di Majenang dan Cimanggu, Cilacap Tergenang Banjir

BACA JUGA:Kalah dari Persipura Jayapura, Nasib PSCS Cilacap Tunggu Sidang Komdis PSSI

"Satu regu kita berangkatkan lagi dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, untuk bergabung bersama Potensi SAR yang sudah berada di lokasi kejadian sejak semalam," katanya. 

Adah menjelaskan, saat melakukan pencarian, pihaknya berupaya membuka jalur untuk menuju ke lokasi kejadian. Banyaknya timbunan material longsor mengakibatkan Tim SAR Gabungan kesulitan dalam upaya pencarian.

"Karena banyak material longsor,  kita kesulitan untuk sampai lokasi kejadian dan kita berjalan kaki ke lokasi beserta peralatan yang akan kita gunakan," jelas Adah.

Upaya pencarian pada hari pertama belum membuahkan hasil. Namun setelah terus dilakukan pencarian, korban berhasil ditemukan pada Selasa (6/2/2024) sekitar pukul 09.00 WIB.

"Korban kita temukan dalam keadaan meninggal dunia dan korban langsung di bawa rumah keluarga," ujar Adah. 

Diberitakan sebelumnya, hujan deras pada Senin (5/1/2024) mengakibatkan Sungai Cilopadang meluap dan menyebabkan banjir dan tanah longsor di Kecamatan Majenang dan Cimanggu. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: