Tujuh Kecamatan di Cilacap Dimaksimalkan untuk Masa Tanam III

Tujuh Kecamatan di Cilacap Dimaksimalkan untuk Masa Tanam III

Kondisi tanaman padi di Kecamatan Maos.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten CILACAP melalui Dinas Pertanian CILACAP berupaya untuk meningkatkan produksi beras di tahun 2024. Upaya tersebut dilakukan melalui pengoptimalan pada masa tanam (MT) III tahun 2024. 

Kepala Dinas Pertanian Cilacap, Susilan mengatakan, terdapat sejumlah kecamatan di Kabupaten Cilacap yang menjadi prioritas untuk pengoptimalan MT III tahun 2024.

"Kecamatan yang menjadi yaitu kecamatan yang berada di wilayah DI Serayu-Opak. Seperti Kecamatan Kroya, Adipala, Nusawungu, Binangun, Sampang, Maos dan Kesugihan," kata dia.

Dikatakan, pada MT I kali ini, sudah ada 11 ribu hektare sawah ditanami padi. Pihaknya mengaku optimis jika target akan terpenuhi meski panen sempat mengalami mundur karena musim kemarau. 

BACA JUGA:Harga Beras di Cilacap Masih Tinggi

BACA JUGA:Kalah dari Persipura Jayapura, Nasib PSCS Cilacap Tunggu Sidang Komdis PSSI

"Musim tanam pertama harusnya sudah dimulai Oktober. Tapi karena tidak ada hujan, jadi mundur Januari. Sebagian di Desember juga sudah ada, namun harus semai lagi karena tidak ada hujan," katanya.

Dikatakan Susilan, pada tahun 2023 lalu, Kabupaten Cilacap masih surplus beras sekitar 300 ribu ton. Dengan demikian, pihaknya optimistis Cilacap bisa mendukung ketahanan dan kedaulatan pangan nasional di tahun ini. 

"Untuk masa tanam selanjutnya kita memetakan kondisi di lapangan dan menentukan langkah yang tepat dengan kolaborasi stakeholder. Sehingga pelaksanaan MT III dapat terlaksana dengan baik dan target produksi padi tahun 2024 di Kabupaten Cilacap dapat tercapai," ujar Susilan. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: