3 Trik Jitu Atasi Saluran Air Mampet Tanpa Panggil Tukang!

3 Trik Jitu Atasi Saluran Air Mampet Tanpa Panggil Tukang!

Tips Atasi Saluran Air Mampet-Freepik-

1. Larutan Kimia

Saat ini, terdapat banyak produk kimia di pasaran yang bisa digunakan untuk mengatasi saluran air yang tersumbat, dan Anda bisa dengan mudah membelinya. 

Produk-produk tersebut dirancang khusus untuk membersihkan saluran pembuangan air dan umumnya sangat efektif dalam mengatasi saluran air yang tersumbat, terutama yang disebabkan oleh penumpukan lemak.

Setelah larutan kimia dituangkan ke saluran air mampet tersebut, biasanya langsung bekerja dengan menguraikan penumpukan lemak dan kotoran, bahkan dapat membunuh bakteri penyebab bau yang tidak sedap.

Tetapi, penting untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. Penggunaan produk kimia memang efektif, tetapi memerlukan kehati-hatian. Disarankan untuk menggunakan sarung tangan pelindung.

BACA JUGA:Tips Merancang Fasad Rumah Minimalis

BACA JUGA:5 Mitos Penggunaan Granit dalam Interior Rumah yang Perlu Anda Ketahui!

Mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan tidak hanya demi keamanan, tetapi juga agar bahan kimia tersebut dapat bekerja secara optimal.

Contohnya, jika Anda mencoba menggunakan soda api untuk mengatasi saluran air yang tersumbat, cukup tuangkan soda api ke saluran yang mampet, lalu tambahkan air panas. Tunggu setidaknya 6 jam agar bahan kimia tersebut bereaksi dengan sempurna. Terakhir, bilaslah saluran hingga air mengalir dengan lancar.

2. Baking Soda dan Cuka

Jika Anda ingin menggunakan bahan yang ada di rumah atau mencoba metode yang lebih aman daripada menggunakan bahan kimia, Anda bisa mencoba menggunakan baking soda dan cuka.

Cukup tuangkan satu cangkir bubuk baking soda ke dalam saluran yang tersumbat, kemudian diikuti dengan menuangkan cuka. Biarkan beberapa saat untuk memastikan kedua bahan meresap ke dalam saluran air, bahkan mungkin perlu disiram lagi dengan cuka.

BACA JUGA:Manfaat Membangun Kamar Mandi di Luar Ruangan

BACA JUGA:Memilih Warna Ruangan yang Sesuai dengan Kebutuhan

Baking soda dipilih karena memiliki sifat basa murni, sedangkan cuka bersifat asam. Setelah kedua bahan ini disiram ke saluran air, pastikan untuk menutup lubangnya sampai muncul buih dan terdengar suara reaksi dari kedua bahan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: