Tradisi Sedekah Bumi, Warga Desa Kuripan, Cilacap Ngalap Berkah Gunungan Jolen

Tradisi Sedekah Bumi, Warga Desa Kuripan, Cilacap Ngalap Berkah Gunungan Jolen

Warga Desa Kuripan saat akan memperebutkan jolen yang berisi hasil bumi serta sayur-sayuran.-Galih untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tradisi adat budaya sedekah bumi kembal digelar oleh masyarakat Desa Kuripan, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap pada Sabtu (20/7/2024) kemarin. Kegiatan budaya ini rutin digelar setiap tahunnya di bulan Muharam atau Suro.

Puluhan jolen yang berisi aneka sayuran dan hasil bumi dari masing-masing dusun diarak dengan berjalan kaki menuju Balai Desa. Kemudian warga saling berebut gunungan jolen.

"Itu tradisi yang dilakukan warga itu biasa disebut sebagai ngalap berkah dan ini ketiga kalinya kita gelar arak - arakan jolen," kata Kepala Desa Kuripan Heni Hernafianto, Minggu (21/7/2024).

Selain nguri-nguri budaya, tradisi tersebut sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, kemudian meningkatkan gotong royong masyarakat supaya semakin guyub dan rukun.

BACA JUGA:Gedung IPHI Cilacap Akan Ditambah Fasilitas

BACA JUGA:Awaluddin Muuri Mengajukan Pengunduran Diri dari Penjabat Bupati Kabupaten Cilacap

"Dalam acara sedekah bumi ini, kebetulan ada beberapa kegiatan seperti ziarah, doa bersama, kemudian kirab budaya dan pagelaran wayang kulit semalam suntuk," jelas Heni.

Kedepannya, tradisi tersebut akan dilaksanakan secara berkesinambungan pada tiap-tiap tahun berikutnya dan akan dilaksanakan semakin meriah.

"Kita minta masyarakat lebih kreatif lagi dalam berinovasi, terutama jolen-jolen yang dibuat agar lebih bagus lagi dan hasil bumi yang dibawa tentu juga lebih banyak lagi karena kembali lagi untuk masyarakat Desa Kuripan," pungkasnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: