Bantuan Pangan Beras Kembali Digelontorkan Tahap 1

Bantuan Pangan Beras Kembali Digelontorkan Tahap 1

Distribusi : Beras yang sudah dikemas 10 kilogram saat didistribusikan ke aula Kantor Desa.-Amarullah Nurcahyo dok -

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID- Bantuan Pangan Beras dari pemerintah pusat tahap pertama kepada Kelompok Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Purbalingga, kembali digelontorkan. Penyaluran dimulai 31 Januari hingga 7 Februari.

Bantuan itu menyasar lebih dari 120 ribu penerima. Diterimakan per bulan 10 kilo per KPM. Rencananya, tahap penyaluran akan dilanjutkan kembali ke tahap dua dan seterusnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Purbalingga, Muhammad Najib, Jumat 2 Januari 2024 menegaskan, para penerima dari kalangan rumah tangga miskin. "Beras yang diterima jenis medium dan sudah berlangsung penyalurannya. Penyedia beras dari Bulog," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, Kabupaten Purbalingga pada tahun 2024 ini menerima total kuota 133.451 ton. Dinas hanya  membantu perencanaan dan penyalurannya.

BACA JUGA:Harga Beras di Purbalingga Terus Merangkak Naik, Harga Cabai Semakin Pedas

"Tiap desa bisa berbeda waktu penyalurannya. Tergantung jadwal pengiriman beras," ujarnya.

Jajarannya ikut mengontrol dan mengawasi kondisi beras yang digelontorkan.

Menurutnya, pengawasan yang dilakukan dinas juga mengecek ke gudang Dolog terkait kesiapan beras. "Saat sampai ke desa dan KPM, beras kembali di cek, jika sesuai dan klir, maka dibagikan," tegasnya.

Ia juga mengungkapkan, selain untuk menjaga ketahanan pangan, mengurangi beban dan menstabilkan harga, bantuan pangan beras ini juga untuk menangani kerawanan pangan, seperti kemiskinan, stunting dan gizi buruk. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: